Bisnis, Info

3 Cara Unik Menanam Sayuran Di Taman Rumah

Cara Unik Menanam Sayuran – Bagi Anda pecinta tanaman, menanam sayuran di kebun Anda tentu menjadi salah satu impian Anda. Selain memiliki...

Written by Ariko · 2 min read >
Cara Unik Menanam Sayuran

Cara Unik Menanam Sayuran – Bagi Anda pecinta tanaman, menanam sayuran di kebun Anda tentu menjadi salah satu impian Anda. Selain memiliki nilai estetika yang tinggi, tanaman sayuran juga memiliki kelebihan bagi Anda karena bentuknya yang indah, terutama pada saat panen raya. Saat panen, Anda bisa makan atau menjual sendiri sayurannya, tentu saja mendapat untung.

Tahukah Anda bahwa ada banyak cara unik menanam sayuran di rumah? Anda bisa menanam sayuran dengan botol bekas, polybag, bambu, batang pisang, atau menanamnya secara vertikal. Penasaran bagaimana cara menanam sayuran unik ini? Lihat penjelasannya di bawah ini.

Cara Unik Menanam Sayuran dengan Bambu

Selain menggunakan botol bekas, Anda juga bisa menanam sayuran dengan bambu. Nah, menanam tanaman dengan bambu juga sangat praktis, karena bambu juga relatif mudah didapat. Manfaat lain dari menanam sayuran dengan bambu adalah kita bisa menanam sayuran ini secara horizontal atau vertikal.

Sama halnya dengan menggunakan botol bekas, sayuran yang bisa ditanam menggunakan bambu sebagai media tanam umumnya adalah tanaman yang masih muda dan batangnya tidak terlalu kuat. Penasaran dengan langkah-langkah menanam sayuran di rumah dengan bambu? Berikut ulasannya untuk Anda.

Berikut langkah-langkah menanam sayuran dengan bambu:

  1. Siapkan saja sebatang bambu dengan panjang yang diinginkan menggunakan kayu, bambu, atau apa saja untuk menopang bambu secara horizontal.
  2. Kemudian bor lubang di sambungan bambu dengan pisau. Nah, lebar lubang ini akan disesuaikan dengan ukuran tanaman yang ingin Anda tanam.
  3. Setelah itu, Anda bisa mulai menambahkan media tanam seperti tanah dan pupuk dengan perbandingan 1:1 pada lubang, namun tidak mengisi lubang seluruhnya.
  4. Tanam bibit pada lubang yang telah diisi tanah dan pupuk kandang, kemudian isi akar bibit tanaman dengan tanah dan pupuk kandang tambahan hingga lubang terisi penuh.
  5. Lakukan pemeliharaan dengan menyiram secara teratur sehari sekali dan pemupukan kompos sebulan sekali.

Cara Unik Menanam Sayuran dengan Botol Bekas

Cara menanam yang unik dan mudah adalah dengan menggunakan botol bekas. Dengan menggunakan botol bekas sebagai media tanam, tentunya Anda memiliki berbagai keuntungan. Botol minum merupakan salah satu barang yang mudah ditemukan dimana saja. Selain itu, menanam sayuran dengan botol tidak memerlukan peralatan yang canggih dan tentunya ramah lingkungan juga.

Pada prinsipnya, hampir semua jenis sayuran bisa ditanam dengan botol bekas. Menanam sayuran yang masih muda namun berbatang kecil, seperti bayam, cabe, kangkung, terong, tomat, sawi, dan lain-lain, adalah pilihan yang fantastis. Dengan usia yang pendek, Anda bisa langsung memetik hasilnya dan menggantinya dengan sayuran baru.

Berikut langkah-langkah menanam sayuran dengan botol bekas:

  1. Siapkan sebotol air mineral dan potong menjadi 2 bagian.
  2. Kemudian gunakan potongan botol yang memiliki bagian bawah botol. Hindari menggunakan potongan botol dengan tutup mahkota.
  3. Kemudian mulailah menambahkan media tanam seperti tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 ke dalam botol.
  4. Jika sudah, Anda bisa memasukkan benih sayuran ke dalam dan menutupi akar benih lagi dengan tanah dan pupuk kandang.
  5. Mulailah proses perawatan dengan menyiramnya sekali sehari. Jangan lupa menambahkan kompos sebulan sekali untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Cara Unik Menanam Sayuran dengan Gedebog Pisang (Batang)

Semua orang sudah tahu bahwa Indonesia adalah surganya pohon pisang. Ya, kondisi iklim di Indonesia sebenarnya sangat cocok untuk menanam pisang, sehingga tidak heran jika pohon pisang bisa kita temukan di mana-mana. Nah masalahnya kebanyakan petani pisang cenderung hanya menggunakan buah dan daunnya saja tanpa menghiraukan batangnya. Memang batang pohon pisang atau yang sering disebut pohon pisang sangat bermanfaat sebagai media tumbuh bagi suatu tanaman, termasuk sayuran.

Ada keuntungan menggunakan batang pisang sebagai media tanam. Pisang gedebog mengandung pati yang merupakan sumber makanan bagi tanaman untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman sayuran anda nantinya. Selain itu, pisang gedebog juga mengandung senyawa saponin dan flavonoid yang mendukung pertumbuhan bulu-bulu akar pada tanaman, sehingga tanaman nantinya dapat lebih mudah menyerap nutrisi dari media tanam. Sayuran yang bisa ditanam dengan batang pisang antara lain cabai, tomat, bayam, sawi, kangkung, dan terong.

Di bawah ini adalah langkah-langkah menanam sayuran dengan batang pisang:

  1. Siapkan gedebog pisang, dan jangan lupa siapkan kayu, bambu, atau apapun yang bisa digunakan untuk menopang gedebog pisang secara mendatar.
  2. Setelah itu anda mulai mengebor lubang pada pisang gedebog dengan diameter lubang yang diinginkan. Tempatkan ruang di antara lubang sekitar 6 hingga 8 inci.
  3. Setelah lubang selesai, Anda bisa menanam media tanam di dalam lubang berupa tanah, dan juga pupuk dengan perbandingan 2:1, dengan tanah 2 dan pupuk 1.
  4. Kemudian diamkan media tanam selama 3 hari. Setelah 3 hari Anda bisa menanam benih sayuran kemudian menutupi akar benih lagi dengan campuran tanah dan pupuk.
  5. Mulailah merawat bibit sayuran dengan menyiram minimal 2 hari sekali. Setiap 5 hari sekali, berikan pupuk organik cair. Jika Anda menemukan hama pada benih sayuran Anda, gunakan pestisida alami yang sangat mudah dibuat.

Nah itulah berbagai Cara Unik Menanam Sayuran di rumah. Sekarang apakah Anda tertarik untuk menanam sayuran dengan salah satu cara di atas? Jika Anda mulai menanam sayuran dengan cara di atas, Anda akan mendapatkan kepraktisan yang luar biasa. Semoga artikel pohaci ini bermanfaat bagi Anda. / Dy

Baca Juga: Cara Membuat Bisnis Lebih Efisien