Tips

Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Pengguna iPhone tentu saja tidak asing dengan berbagai perangkatnya yang eksklusif. Mulai dari ponselnya hingga store resminya. Aksesoris iPhone sendiri juga menjadi...

Written by Ariko · 3 min read >
Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Pengguna iPhone tentu saja tidak asing dengan berbagai perangkatnya yang eksklusif. Mulai dari ponselnya hingga store resminya. Aksesoris iPhone sendiri juga menjadi sebuah barang yang eksklusif dibanding android. Apa saja aksesoris iPhone yang wajib dimiliki?

Beberapa aksesoris ini dirancang memang untuk memudahkan pengguna iPhone untuk memanfaatkan ponselnya. Dengan berbagai karakteristik yang ada di dalamnya, aksesoris ini menjadi pelengkap iPhone yang makin canggih. Yuk simak berita teknologi telekomunikasi berikut ini!

Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Power Delivery Fast Charging Cable untuk iPhone

Aksesoris yang wajib dimiliki oleh pengguna iPhone adalah Power Delivery Fast Charging Cable. Pengguna iPhone memang perlu kabel khusus untuk menge-charge iPhone dengan Power Delivery Charger tadi. 

Berbagai merek charger jenis ini banyak ditemukan di pasaran. Biasanya charger yang paling umum ini merupakan kabel dari USB-C ke Lightning, jadi bisa langsung ditancepkan saja dari Power Delivery Charger ke iPhone nya. 

Pilihlah bahan kabel yang lentur dan build quality-nya yang bagus. Power Delivery Cable yang dipilih juga hendaknya sudah certified MFI. Pengguna dapat mengeceknya di website Apple langsung, yang artinya sudah terjamin aman dan kompatibel untuk iPhone.

Aksesoris Power Delivery PowerBank

Untuk aksesoris selanjutnya yang wajib dimiliki iPhone ini masih ada hubungannya juga dengan Fast Charging di iPhone. Ya ini adalah powerBank yang menjadi piranti wajib, khususnya bagi yang suka bepergian.

Pastikan untuk membeli PowerBank yang support Power Delivery 3.0. Saat ini sudah banyak PowerBank berukuran kecil dengan kapasitas yang besar sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan ringkas. 

Pilih juga PowerBank yang memiliki kabel dengan support power delivery juga agar bisa menikmati charger cepat dengan powerbank tersebut.

Wireless Charging PAD

Sejak kemunculan iPhone 8, iPhone juga sudah support Wireless Charging. Jadi aksesoris yang wajib dimiliki oleh pengguna iPhone untuk bisa menikmati fitur ini adalah Wireless Charging Pad. 

Wireless charging yang dipakai oleh iPhone biasanya support Wireless Charging sampai di 7.5W saja. Kelebihan memakai wireless charging ini tentu saja membuat tidak perlu repot-respot melepas pasang kabel.

Pengguna bisa mudah tinggal menaruh di pad-nya dan baterai akan terisi dengan sendirinya. Salah satu pertimbangan sebelum memilih aksesoris ini adalah pilihlah bahan alasnya yang lembut, jadi aman untuk iPhone.

TWS Earphone Praktis untuk iPhone

Aksesoris selanjutnya yang wajib dimiliki oleh pengguna iPhone saat ini adalah headphone jack 3.5mm, jadi dengan TWS Earphone akan semakin memudahkan lho. Apple mempunyai Airpods, tapi bagi yang ingin menambah aksesoris sangat boleh.

Baca juga: Murah! Ongkos Pasang U Ditch Untuk Perumahan

Photography / Videography RIG

Aksesoris wajib selanjutnya adalah yang berhubungan dengan fotografi. Kamera iPhone sendiri memiliki kualitas yang mumpuni, jika ditambah dengan aksesoris di dalamnya, maka akan makin sempurna bukan?

Aksesoris ini akan membuat iPhone sebagai device untuk rekam video secara pro. Salah satu pertimbangan untuk memiliki RIG adalah pilihlah RIG metal dengan build quality yang outstanding untuk iPhone. 

Jadi dengan aksesoris ini, pengguna bisa memasang lensa, lighting, dan microphone di satu tempat. Dan iPhone bisa disulap jadi sebuah perangkat mobile videografi untuk berbagai keperluan rekam.

Selain RIG yang kompleks, banyak juga tersedia RIG yang simple, misal untuk keperluan vlog. Pengguna bisa mempertimbangkan ukuran yang lebih kecil, praktis, lebih mirip case daripada RIG tetapi tetap bisa digunakan untuk memasang lensa, Mic, Lighting, dan tripod. 

Sebelum membelinya, pastikan sudah pas dan sesuai dengan ukuran versi iPhone yang dipunyai ya karena desainnya presisi sesuai dengan desain iPhonenya. Bahannya biasanya juga dari metal juga, dengan build quality yang juga keren, terdapat soft case untuk melindungi 

Dengan menggunakan RIG ini, pekerjaan yang berhubungan dengan foto maupun videografi akan  makin praktis. Kelebihan lainnya adalah jika memakai aksesoris ini, tombol di iPhone tetap fungsional dan tidak perlu lepas pasang jika ingin menggunakan HP nya.

Wide Angle Lens untuk iPhone

Aksesoris selanjutnya yang wajib dimiliki oleh pengguna iPhone adalah wide lens. Biasanya, dua kamera belakangnya merupakan kombinasi kamera utama dan telefoto. Untuk itu buat kamu yang pengen ambil foto yang wide, kamu bisa pake lensa wide lens tambahan. 

Beberapa merek wide angle lens ini bahkan memberikan hasil rekam dan foto dengan field of view yang lebih luas hingga 100 derajat. Jika ingin menggunakan RIG, pastikan juga wide angle lens ini cocok dengan perangkat.

Aksesoris Gimbal Smartphone

Aksesoris yang wajib dimiliki pengguna iPhone selanjutnya adalah gimbal smartphone. Kamera belakang iPhone memang sudah dilengkapi OIS, sedangkan untuk kamera depannya belum. BAgi pengguna yang ingin hasil rekaman vlog kamera depannya lebih smooth, mulus tanpa getaran, kamu bisa memakai gimbal. 

Berbagai gimbal yang tersedia di pasaran memiliki desain yang mudah dibawa. Bahkan ada gimbal mini yang ringkas, bisa dilipat, dan bisa dimasukkan kantong. Gimbal ini tentunya cocok untuk yang suka nge-vlog. 

Selain memiliki body yang simple, biasanya gimbal juga dilengkapi dengan joystick navigasi, lalu pergerakan axis-nya yang lebih fleksibel dengan portabilitas yang masih lumayan oke. Bermanfaat sekali bukan?

Bluetooth Speaker untuk Mendengarkan Musik di iPhone

Aksesoris wajib yang harus dimiliki oleh pengguna iPhone adalah Bluetooth speaker. Untuk menemani experience musik di rumah atau berbagai acara, maka akan tepat jika memakai wireless bluetooth speaker. 

Salah satu pertimbangan dalam memilih Bluetooth speaker untuk iPhone ini adalah bass-nya kerasa, detailnya yang apik, dan desainnya yang simple. Kapasitas baterainya juga menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Baterai ini dengan mudah bakal otomatis terhubung ke iPhone setelah pairing. Mudah sekali bukan cara penggunaannya? Dengan menggunakan speaker ini, pengguna iPhone tidak perlu repot dengan kabel yang terhubung ke ponsel, iPhone yang dipakai bisa diakses di mana saja dengan jarak tertentu.

Aksesoris Case untuk iPhone

Aksesoris yang wajib dimiliki oleh pengguna iPhone selanjutnya adalah case. Case saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi semua pengguna ponsel. Case memiliki fungsi untuk melindungi ponsel dari gesekan atau benturan. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menambah estetika dari iPhone itu sendiri.

Bagi pengguna iPhone, variasi case yang beredar di pasaran biasanya memiliki jenis yang lebih bervariasi dan menarik dibandingkan android. Berbagai jenis case yang premium juga hanya ditemukan di iPhone.

Jenis case yang biasa dipakai pun beragam, ada yang leather case, jelly case, hard case, softcase, dan jenis lainnya. Kamu bisa memilih desain sesuai dengan seleramu, banyak sekali desain yang polos hingga berwarna-warni, bahkan bisa didesain custom sesuai dengan keinginan.

Penggunaan case ini sudah tentu menjadi barang wajib agar iPhone tidak lecet di bagian casingnya jika jatuh atau tergesek benda yang keras.

Demikian tadi beberapa aksesoris dari iPhone yang wajib dimiliki oleh pengguna. Meski disesuaikan dengan kebutuhan, semua aksesoris ini memiliki fungsi masing-masing untuk mempermudah kinerja pemakainya. Selamat mencoba!