Info

Sudahkah Kita Mengetahui tentang Apa Itu SLF?

Apa itu SLF? Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui tentang sertifikat ini. Padahal surat tersebut merupakan surat penting terkaitnya adanya bangunan...

Written by Ariko · 1 min read >
Apa Itu SLF

Apa itu SLF? Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui tentang sertifikat ini. Padahal surat tersebut merupakan surat penting terkaitnya adanya bangunan di suatu tanah. Berikut ini beberapa hal terkait apa itu SLF  yang bisa kita pelajari bersama.

Apa Itu SLF?

SLF merupakan Sertifikat Laik Fungsi. Yang mana sertifikat ini diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat. Sertifikat ini juga terbit setelah berdirinya sebuah gedung atau bangunan yang telah memiliki IMB atau izin mendirikan bangunan. Biasanya perizinan ini harus diurus ketika kita ingin mendirikan sebuah usaha atau gedung-gedung bertingkat.

Maka dari itu ada baiknya sebelum mendirikan sebuah gedung untuk usaha, Anda harus mengurus IMB nya terlebih dahulu. Agar usaha dan bangunan yang Anda miliki merupakan legal adanya. Jika belum menahami, dapat menggunakan bantuan jasa pengurusan slf.

Persyaratan Terbitnya SLF

Adapun beberapa syarat-syarat pendukung guna terbitnya sebuah SLF ini antara lain sebagai berikut.  Pertama yaitu berita cara yang menyatakan bahwasanya bangunan itu telah selesai digarap dan juga telah memiliki izin yang sudah dilakukan kepengurusannya.

Selain itu yang dibutuhkan adalah laporan lengkap dari direksi pengawas yang dibuktikan dengan dokumen berupa fotokopi pemborong atau surat izin bekerja. Ditambah juga dengan laporan lengkap direksi terkait pengerjaan bangunan tersebut, fotokopi surat keterangan IMB, peta arsitektur dari bangunan tersebut, dan juga hasil dari uji coba instalasi dan juga kelengkapan bangunan yang sudah terpasang.

Adapun detail dari kelengkapan yang dimaksud adalah sistem arus listrik, pemadam kebakaran, lift dalam gedung, dan instalasi AC yang terpasang dalam gedung tersebut. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi di waktu mendatang.

Masa Berlaku

Masa berlaku untuk sertifikat ini hanya 5 tahun saja untuk bangunan umum seperti hotel rumah sakit dan juga gedung-gedung bertingkat lainnya. Namun untuk masa berlaku pada IMB rumah tinggal berlaku hingga 10 tahun.

Sehingga Anda harus melakukan pengajuan pembaharuan sebelum masa berlaku sertifikat ini habis. Tidak ketinggalan dengan disertai hasil uji teknisi kembali pada bangunan tersebut. Guna memastikan bangunan itu masih layak untuk digunakan. 

Baca juga: 8 Alasan Rumah Berdampak Baik Bagi Kesehatan

Pentingkah SLF untuk Sebuah Bangunan?

Apa Itu SLF

Jawabannya adalah Ya! Mengapa demikian. Karena hal ini sudah diatur di dalam undang-undang, yang mana menyatakan bahwasanya setiap bangunan umum mama wajib memiliki sertifikat ini. Sama halnya seperti IMB. Sehingga jika sudah memiliki ini maka tidak perlu diragukan lagi legalitas dari usaha tersebut.

Tujuan

Tentunya sertifikasi ini tidak hanya semata-mata dibuat tanpa ada tujuan yang jelas. Berikut ini beberapa tujuan dalam pembentukan sertifikat ini. 

  • Yang pertama yaitu guna memperoleh pengakuan hukum yang jelas. Dimana setiap usaha harus terdaftar di dalam hukum yang jelas karena jika tidak maka pemerintah bisa menutup kapan saja usaha Anda dan juga bahkan menggusur gedung-gedung yang sudah Anda bangun guna kelancaran usaha tersebut.
  • Yang kedua adalah guna mewujudkan fungsi bangunan yang memadai karena Salah satu syarat untuk pengurusan sertifikat ini adalah dengan adanya fasilitas-fasilitas yang memadai seperti saluran udara saluran air pemadam kebakaran hingga yang lainnya. Sehingga hal ini membuat para pekerjanya memperhatikan betul-betul dengan detail gedung yang mereka garap agar bisa menerbitkan sertifikat ini.

Kategori SLF

Kategori yang berhubungan dengan apa itu SLF pun juga beragam. Yaitu untuk kelas A bangunan non tempat tinggal lebih dari 8 lantai. Kelas B kurang dari 8 lantai. Kelas C bangunan tempat tinggal berukuran 100m persegi. Dan kelas D kurang dari 100 m2.

Nah itulah tadi seputar apa itu SLF yang bisa kita pelajari bersama. Karena penting halnya untuk mengetahui semua itu sebelum mendirikan sebuah bangunan.