Fashion

Begini Cara Mengukur Kemeja Pria yang Tepat dan Mudah Dilakukan

Melakukan pengukuran untuk suatu model pakaian sebenarnya tidak sulit. Pakaian pria seperti kemeja memiliki pola yang sederhana sehingga pengukurannya dapat dilakukan dengan...

Written by Ariko · 2 min read >
cara mengukur kemeja pria

Melakukan pengukuran untuk suatu model pakaian sebenarnya tidak sulit. Pakaian pria seperti kemeja memiliki pola yang sederhana sehingga pengukurannya dapat dilakukan dengan mudah. Hasil pengukuran ini nantinya akan menjadi pedoman saat menjahit kemeja. Adapun cara mengukur kemeja pria yang tepat sehingga mendapatkan pola yang sesuai dengan ukuran tubuh diantaranya sebagai berikut:

Langkah-langkah Cara Mengukur Kemeja Pria

1. Tentukan Ukuran Panjang Kemeja

Pakaian yang nyaman digunakan adalah pakaian yang memiliki ukuran yang tepat digunakan seseorang. Ada hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat kemeja pria, salah satunya adalah dengan menentukan ukuran panjang kemeja yang akan dibuat. Menentukan panjang kemeja dapat dilakukan dengan mengukur panjang badan dari kerah hingga ke bawah sesuai dengan pola yang diinginkan.

2. Melakukan Pengukuran Lingkar Leher

Bagian yang tak kalah penting untuk membuat pola pakaian, khususnya kemeja pria, adalah dengan mengukur lingkar leher yang tepat. Saat melakukan pengukuran untuk membuat pola pakaian hendaknya menambahkan ukuran agar pakaian yang dibuat nantinya sesuai dengan ukuran tubuh. Hal ini juga berlaku saat mengukur lingkar leher dalam membuat kemeja pria.

Perihal mengukur lingkar leher diperlukan kehati-hatian agar tidak salah menentukan ukuran. Bagian leher saat membuat kemeja pria merupakan hal yang sangat penting. Pastikan ukuran yang didapatkan tidak akan membuat kemeja menjadi sesak saat digunakan.

3. Ketahui Ukuran Lingkar Dada

Mengukur bagian dada juga merupakan hal yang penting agar diperhatikan saat melakukan pengukuran untuk pola kemeja pria. Pastikan ukuran yang didapatkan tidak salah pada bagian ini karena kesalahan pengukuran dapat membuat pakaian yang dibuat tidak dapat digunakan.

Pengukuran di bagian dada dapat dilakukan dengan melingkarkan tali ukur ke sekeliling bagian dada. Pastikan pengukuran lingkar dada dilakukan dengan benar agar pola pakaian nantinya sesuai dan dapat digunakan.

4. Lakukan Pengukuran Lingkar Pinggang

Salah satu cara mengukur kemeja pria yang penting adalah dengan melakukan pengukuran bagian pinggang. Ukuran pinggang juga tak kalah penting dalam melakukan pengukuran pola yang akan dijadikan pedoman untuk membuat kemeja pria. Pengukuran bagian pinggang dapat dilakukan saat tubuh berada di posisi berdiri. Hal ini akan membantu untuk mendapatkan ukuran yang pas dalam membuat kemeja pria.

Mendapatkan ukuran pinggang pria dapat dilakukan dengan melingkarkan tali ukur terlebih dahulu di sekeliling pinggang. Lakukan beberapa kali pengukuran agar pengukuran yang dilakukan tidak menghasilkan ukuran yang salah. Adapun apabila hasil pengukuran berbeda-beda walaupun sudah dilakukan beberapa kali, maka ambil ukuran rata-rata dari hasil pengukuran yang dilakukan.

5. Mengukur Panjang Tangan

Beberapa jenis pakaian memiliki pola yang berbeda. Hal ini juga berlaku saat melakukan pembuatan kemeja pria. Alangkah baiknya, sebelum melakukan pengukuran hendaknya pahami terlebih dahulu model kemeja yang ingin dibuat. Dengan melakukan hal tersebut nantinya akan mempermudah proses pengukuran kemeja yang akan dibuat.

Tentukan terlebih dahulu apakah model kemeja yang dibuat memiliki lengan pendek atau panjang. Apabila kemeja yang akan dibuat memiliki lengan panjang, maka ukur bagian lengan mulai dari bagian bahu menuju bagian ujung di pergelangan tangan.

Untuk kemeja pria dengan lengan pendek maka pengukuran bagian lengan dapat dilakukan mulai dari bagian bahu menuju bawah siku. Pastikan ukuran ini dilakukan dengan benar sehingga pakaian sesuai dengan model yang diinginkan.

Itulah beberapa cara mengukur kemeja pria yang tepat untuk mempermudah proses menjahit kemeja pria. Seluruh tahapan yang dapat dilakukan ini adalah hal dasar yang dibutuhkan untuk membuat pola sebagai pedoman dalam pembuatan kemeja. Persiapkan pula alat ukur yang memadai untuk mempermudah proses pengukuran.

Saat ini banyak pria maupun wanita yang menggunakan Cardigan sebagai pelengkap fashion mereka. Untuk itu kabaroke membocorkan cara memilih warna cardigan sesuai dengan warna kulit dan bentuk tubuh, sebagai referensi pemilihan gaya busana yang bisa bikin kamu tambah keren.

Baca Juga Tren Sepatu Wanita Trendy

Tren Sepatu Wanita Trendy

Tren Sepatu Wanita Trendy

Ariko in Fashion
  ·   3 min read