Bisnis

Tips Membangun Usaha Bisnis Mainan Online

Di dalam kondisi apapun, anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka ingin bermain dan bergembira. Orangtua juga pasti akan selalu memperhatikan dan memfasilitasi mereka. Maka...

Written by Ariko · 3 min read >
bisnis mainan

Di dalam kondisi apapun, anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka ingin bermain dan bergembira. Orangtua juga pasti akan selalu memperhatikan dan memfasilitasi mereka. Maka dari itu, bisnis mainan adalah salah satu bisnis yang tampak memiliki peluang usaha besar. Mainan adalah sesuatu yang akan selalu dibutuhkan dalam masa apapun. Anak-anak akan selalu bermunculan dan membutuhkan mainan.

Maka salah satu hal yang kita dapat lakukan adalah memberikan itu untuk mereka. Dengan berkembangnya internet, sarana penjualan mainan anak-anak juga semakin mudah. Dengan beberapa klik kalian dapat membuat toko baru dan mulai menjual. Namun, seperti bisnis pada umumnya, pasti ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di dalam artikel ini, kita akan membahas hal-hal itu. Yuk, langsung simak saja!

Mengerti Pasar Target

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam mainan yang bisa kita jual. Untuk mengetahui yang mana yang akan laku dijual, kita harus kenal target. Pasar seperti apa yang ingin kalian tembus? Apakah itu anak bayi atau anak SD? Lebih ke anak perempuan atau laki-laki? Bentuk mainan seperti apa untuk demografi seperti apa?

Salah satu kunci kesuksesan suatu toko adalah pengertian akan konsumen. Memiliki bisnis mainan online menguntungkan karena memperbolehkan jejaring konsumen yang lebih luas. Namun, perluasan ini bisa menjadi keuntungan ataupun penghalang. Jika kita langsung menargetkan semua anak-anak maka kita tidak dapat sepenuhnya memuasi keinginan satu kaum pun. Maka dari itu, bijaklah dalam menganalisa demografi mana yang ingin kita tuju. Hal-hal yang perlu dipikirkan adalah seperti umur, gender serta keinginan mereka.

Perlu juga dilakukan riset khusus tentang berbagai mainan yang berbeda-beda seperti mainan yang dapat merangsang pertumbuhan otak seorang anak ataupun dibuat khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti ADHD ataupun Autisme. Daerah penjualan mainan untuk golongan tertentu seperti ini juga tampak lebih jarang sehingga akan lebih menguntungkan untuk dieksplorasi. Tapi, seutuhnya kembali lagi dengan kalian sendiri dan target pembeli yang ingin kalian tuju.

Keuntungannya mencari target pasar di jejaring online adalah bahwa pasar ini lebih mudah dijangkau karena internet yang relatif luas. Maka proses penjangkauan akan jauh lebih cepat dan juga lebih efisien.

Membuka Bisnis Mainan

Ketika kalian sudah siap sedia mengetahui apa yang perlu dilakukan, maka saatnya membuka bisnis itu sendiri. Di beberapa negara luar terdapat beberapa aspek hukum yang harus dilalui, namun di Indonesia sendiri belum ada undang-undang yang mengatur hal tersebut. Kebanyakan dari e-commerce yang beredar di Indonesia terdapat di lapak-lapak seperti Tokopedia, Shopee, dll.

Nah, untuk menentukan lapak mana yang lebih cocok untuk kalian sendiri, kalian bisa terlebih dahulu melakukan riset.  Kalian dapat mencari tahu tentang track record lapak serta peraturan mereka. Saran kami, usahakan kalian melakukan bisnis di lapak resmi dan tidak hanya mengandalkan sosial media seperti Instagram ataupun Facebook. Mengapa? Karena konsumen lebih percaya dengan lapak-lapak ini karena mereka memiliki prosedur yang aman dalam transaksi. Kemungkinan akan penipuan lebih kecil daripada jika kalian menggunakan lapak-lapak resmi ini.

Dalam membuka bisnis, usahakan kalian juga memiliki keunikan tersendiri dalam branding kalian. Ini artinya mengetahui kelebihan yang kalian miliki lebih daripada toko-toko lain yang menjadi alasan para konsumen akan mau belanja dengan kalian.

Mencari Supplier

Kemungkinan besar ketika anda membuka toko anda, mainan yang dijual bukan merupakan mainan yang kalian buat sendiri. Dalam hal itu, maka kalian membutuhkan supplier. Ketika mencari supplier, cari yang memiliki barang-barang unik. Hal ini bisa seperti boneka yang memiliki karakter unik dan lucu baru, ataupun hal-hal yang lebih menarik. Semakin menarik mainan itu, maka akan semakin tinggi kemungkinannya untuk dibeli. Selain itu, usahakan juga mainan unik ini memiliki banyak variasi sehingga para pembeli memiliki banyak pilihan ketika mengunjumgi toko.

Dalam berhubungan dengan supplier, selalu komunikasi. Sekecil apapun detail itu silahkan tanyakan. Pastikan semuanya jelas dan tidak ada salah paham. Selalu ingat untuk contact supplier kalian agar dapat barang dagangan kalian aman. Dengan begitu, bisnis mainan online dapat berjalan lancar

Pendataan Keuangan

Hal yang tidak kalah pentingnya dengan hal-hal yang tadi adalah pengelolaan keuanga.Dalam bisnis apapun diperlukan ketelitian dalam hal ini. Saran dari kami adalah untuk memilah satu-satu budget yang kalian butuhkan. Dalam pertimbangan budget serta harga mainan, ingat juga pengeluaran untuk marketing serta staff. Usahakan pengeluaran dan modal tidak begitu banyak sehingga bisa balik. Ingat juga bahwa sangat diperlukan ketelitian. Kalian tidak perlu untuk menjadi seorang akuntan namung berhati-hati dan bijaklah.

Marketing

Marketing di dunia online merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Terlebih lagi kita berada di tahun 2020 dimana ada banyak sekali cara untuk menyuarakan bisnis kita. Salah satu tempat populer untuk melakukan itu adalah Tiktok. Tren promosi ini tergolong baru namun sangat efektif. Caranya juga cukup simple. Anda hanya perlu meng-upload video berdurasi 15 sampai 30 detik tentang produk kalian. Video bisa dikemas secara lucu, menggemaskan ataupun mengharukan. Yang paling penting adalah mengundang perhatian para calon pembeli.

Tempat lain untuk melakukan marketing yang juga gratis adalah Instagram atau Facebook. Sosial media ini pasti tidak asing lagi. Kedua tempat ini cocok untuk kalian jadikan tempat penunjuk profil kalian. Disini kalian dapat menyusun postingan dengan sebuah tema dan mulai berinteraksi. Kedua aplikasi ini bagus dikarenakan sistemnya yang mempermudah eksplorasi akan akun sesuai keinginan pengguna. Maka dari itu, kemungkinan besar orang-orang yang singgah ke toko sudah lama mencari bisnis mainan. Hal ini membuat pencarian target konsumen lebih mudah dan cepat.

Selain dari itu, kalian juga bisa membayar beberapa jasa periklanan di website. Bisa saja kalian membayar iklan online, ataupun meminta seseorang menulis artikel tentang kalian. Ataupun, meng-endorse seseorang yang memiliki banyak pengikut. Teknik-teknik tidak gratis, namun memberi exposure terhadap toko kalian secara langsung.

Dalam Pelaksanaan

Setelah kalian membuka toko dan mulai berbisnis, semua belum berhenti disitu saja. Dalam bisnis kita harus terus berinovasi dan menjadi lebih baik. Untuk bisnis online sendiri, hal ini dapat dicapai dengan mudah. Kalian dapat melihat komentar serta saran daripada pembeli dan mencoba memperbaiki hal itu.

Selain itu seiring berjalannya waktu, marketing kalian juga harus semakin berubah dan berkembang menggunakan cara-cara baru. Produk yang kalian miliki juga harus semakin naik kualitasnya dan lebih dapat memuaskan pasar yang ada. Tetap ingin belajar adalah kunci kesuksesan. Perlu diingat juga bahwa tujuan kita disini adalah penjual mainan.

Artinya, kita adalah pembawa kebahagiaan bagi anak-anak. Maka dari itu, prinsip seperti itu perlu selalu diingat. Hal ini agar setiap orang yang menikmati mainannya akan selalu senang dan kita pun bisa dikatakan sukses. Itulah cara mendirikan bisnis mainan yang baik dan sukses.

Jual Suara Walet Terbaik Di Tahun 2020

Jual Suara Walet Terbaik Di Tahun 2020

Ariko in Bisnis
  ·   3 min read