Bisnis

Ide Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

Percayakah kamu bahwa dengan bisnis makanan ringan saja, pendapatan perbulan yang dapat kamu hasilkan hingga puluhan juta rupiah? Jika tidak percaya silahkan...

Written by Ariko · 4 min read >
Ide Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

Percayakah kamu bahwa dengan bisnis makanan ringan saja, pendapatan perbulan yang dapat kamu hasilkan hingga puluhan juta rupiah? Jika tidak percaya silahkan lihat di e-commerce seperti shopee dan tokopedia. Di sana kamu akan menemukan berbagai macam produk makanan ringan yang dijual dan juga terdapat keterangan berapa yang sudah terjual dalam satu bulan. 

Bisnis makanan ringan bukanlah bisnis main-main. Walaupun bisnis ini merupakan bisnis rumahan yang memerlukan modal kecil, namun peluangnya sangat besar. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang erat kaitannya dengan cemilan. Bahkan sebagian besar orang mengonsumsi cemilan setiap harinya. 

Jadi, buat kamu yang ingin mencoba berbisnis namun hanya memiliki modal yang kecil, berikut ada 10+ ide bisnis makanan ringan yang memiliki peluang besar!

Ide Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

Cireng

Cireng merupakan makanan ringan yang berasal dari Jawa Barat dan memiliki banyak peminat, bahkan hingga mancanegara. Makanan satu ini berbentuk bulat dan melebar serta digoreng. 

Dulu cireng hanya dijual sebagai jajanan pinggir jalan, namun sekarang cireng sudah ada di berbagai platform online. Kamu dapat menjadikan cireng sebagai produk bisnismu karena cireng memiliki peluang yang besar. 

Kamu perlu membuat cireng dengan berbagai inovasi seperti cireng dengan isian sosis, telur, daging, bakso, dll. Selain itu, tambahkan pula saus sambal atau saus kacang untuk menemani cireng. Tak lupa pula, jika kamu ingin berjualan secara online, pilihlah kemasan yang dapat melindungi cireng hingga ke tangan konsumen. Seperti penggunaan kemasan standing pouch untuk sambalnya dan cirengnya dapat kamu kemas dicara divakum sehingga tahan lebih lama. 

Dadar Gulung

Dadar gulung juga dapat kamu jadikan sebagai bisnis makanan ringan karena peminatnya yang tinggi. Makanan ini sangat mudah dibuat dan membutuhkan modal yang kecil. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dadar gulung adalah tepung terigu, telur, kelapa parut, dan gula merah. 

Selain berjualan di pasar tradisional, kamu juga dapat memasarkan dadar gulung di supermarket atau minimarket. Dengan begitu, nilai jual dadar gulung tersebut akan bertambah. 

Makaroni Pedas

Dulu kita biasa mengonsumsi makaroni sebagai pasta. Namun sekarang ada inovasi terbaru yaitu makaroni kering yang renyah. Rasa yang disajikan dari makanan ini adalah renyah, gurih dan juga pedas. Biasanya makaroni disajikan dengan berbagai macam level kepedasan. 

Makanan ringan satu ini banyak diminati oleh pelanggan terlebih pecinta makanan pedas. Selain itu, harganya yang yang murah juga dapat menyasar hingga anak sekolah dan mahasiswa. 

Makaroni juga banyak dijual di berbagai e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Para penjual tersebut biasanya menyajikan makaroni dalam sebuah plastik kemasan dengan jenis standing pouch. Plastik yang digunakan adalah plastik bening untuk memperlihatkan isi dari makaroni tersebut dan juga dilengkapi dengan zipper lock. 

Baca juga: Tips Agar Akun PayPal Aman dan Cara Mengatasi Jika Terkena Retas

Pizza Mini

Pizza merupakan makanan yang berasal dari eropa dan sudah tersebut hampir di seluruh belahan dunia. Peminat makanan ini juga banyak namun kadang terkendala dengan biaya.

Kamu dapat membuka bisnis pizza mini dengan target pasar orang-orang yang ingin makan pizza dan suka pizza namun dengan harga yang lebih terjangkau. 

Tambahkan juga berbagai macam toping seperti sosis, jamur, jagung, dan keju sehingga pizza yang kamu sajikan memiliki banyak varian. Kunci dari sukses membuat bisnis pizza mini adalah gencar promosi dan menyajikan pizza dengan rasa yang nikmat. 

Martabak Mini

Bisnis makanan ringan selanjutnya yang menjanjikan adalah martabak mini. Kenapa martabak mini tidak martabak biasa? Karena hal itu yang berbeda dan menarik. 

Martabak dalam ukuran besar biasanya harganya juga cukup tinggi karena ukuran dan bahan-bahan yang digunakan. Kamu bisa melakukan inovasi untuk ukuran tersebut menjadi lebih mini. Karena bentuknya yang mini, maka harga yang kamu tawarkan juga akan lebih murah dan ramah di kantong. 

Makanan satu ini sangat cocok untuk kamu jual di lingkungan kampus atau sekolah, karena porsinya yang kecil dan harganya yang lebih murah. Sediakan berbagai macam toping seperti keju, coklat, pisang, jagung, selai stroberi, selai nanas, dll untuk lebih menarik konsumen. 

Tahu Bakso

Tahu bakso merupakan makanan yang berasal dari Kabupaten Semarang. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari tahu yang diisi dengan bakso. 

Kamu dapat menjual tahu bakso ini dalam bentuk sudah digoreng dan siap santap atau dalam bentuk frozen food yang baiknya dikemas dengan menggunakan standing pouch. Dengan begitu, produk yang kamu hasilkan dapat dikirim ke daerah lain dan pangsa pasar yang kamu miliki juga lebih luas. 

Basreng

Bakso goreng atau biasa dikenal dengan basreng merupakan cemilan yang banyak diminati oleh masyarakat. Teksturnya yang lembut di dalam namun renyah di luar menjadi salah satu hal yang disukai oleh masyarakat. 

Basreng biasanya disajikan dengan berbagai macam rasa, mulai dari asin hingga pedas. Cemilan satu ini sangat cocok dinikmati saat santai menonton film atau sebagai teman makan makanan  yang berkuah. 

Makanan ringan satu ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi sehingga dapat kamu jadikan sebagai salah satu bisnis kuliner secara online. Selain itu, biasanya basreng disajikan dalam kemasan berbentuk standing pouch bening yang dilengkapi dengan zipper sehingga membantu pelanggan untuk menyimpannya kembali. 

Keripik Pisang

Ide bisnis makanan ringan selanjutnya yang memiliki peluang besar adalah keripik pisang. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari pisang yang dipotong tipis-tipis dan digoreng. 

Ada banyak sekali inovasi dari keripik pisang. Mulai dari bentuknya ada yang bulat dan panjang, hingga rasanya. Keripik pisang dapat disajikan asin, gurih, pedas, hingga manis. 

Salah satu oleh-oleh khas Lampung yaitu keripik pisang coklat. Keripik pisang tersebut disajikan dengan dilapisi berbagai macam rasa coklat. 

Pengemasan keripik pisang juga berbagai macam, mulai dari standing pouch dengan full print, atau tote bag. 

Usus Goreng Krispi

Kamu juga dapat menjadikan usus goreng krispi sebagai bisnis makanan ringan. Makanan satu ini memiliki banyak peminat karena unik. Usus goreng ini dapat dijadikan sebagai cemilan santai atau teman makan karena rasanya yang renyah dan juga gurih. 

Seblak

Makanan Bandung satu ini memiliki banyak sekali peminat. Seblak merupakan makanan yang terdiri dari kerupuk, telur, sosis, sayur, bakso, dan berbagai macam toping lainnya yang dimasak dengan berbagai macam rempah dan memiliki rasa yang pedas. 

Makanan ini juga sudah banyak dijual dalam bentuk kering sehingga pelanggan dapat membuatnya sendiri. Kamu juga dapat mengikuti jejak bisnis tersebut dengan menyajikan seblak beserta sambalnya dalam satu kemasan. 

Mie Lidi Pedas

Siapa yang masih ingat dengan mie lidi pedas jajanan masa kecil? Saat ini mie lidi juga bisa kamu jadikan bisnis lho. Apalagi peminatnya yang banyak dan juga rasanya yang enak. 

Kamu dapat menjual mie lidi pedas di berbagai tempat seperti minimarket, supermarket, mall, dan juga platform e-commerce. Dengan harganya yang murah dan rasanya yang nikmat, produk makanan ini tidak hanya disukai oleh anak-anak namun juga orang dewasa. 

Itulah 10+ bisnis makanan ringan yang memiliki peluang besar dan membutuhkan modal yang kecil. Sekarang kamu tidak perlu ragu lagi untuk membuat usaha karena hanya memiliki modal yang sedikit. Tunggu apalagi, ayo rancang bisnis kuliner mu!

Author: Pitnia Ayu Saputri