Pengetahuan

Jenis Alat Safety Pekerja Konstruksi

Dunia konstruksi dan proyek pembangunan merupakan salah satu lapangan kerja yang dimana sering terjadi kecelakaan kerja. Hal ini disebabkan oleh banyaknya alat...

Written by Ariko · 3 min read >
jenis alat safety

Dunia konstruksi dan proyek pembangunan merupakan salah satu lapangan kerja yang dimana sering terjadi kecelakaan kerja. Hal ini disebabkan oleh banyaknya alat berat dan bahan bahan kimia yang memenuhi lingkungan konstruksi. Maka dari itu, sangat penting untuk perusahaan konstruksi menyediakan berbagai jenis alat safety. Alat safety merupakan perlengkapan alat kerja yang wajib digunakan untuk melindungi pekerja dari bahaya.

Bahaya tersebut dapat berupa cedera ataupun penyakit serius yang dapat mempengaruhi organ internal. Alat safety ini telah didesain khusus untuk mengurangi kecelakaan kerja pada pekerja konstruksi. Alat safety yang telah dibeli di toko alat safety nantinya diberikan kepada pekerja agar mereka dapat meminimalisir risiko kecelakan. Selain itu, alat safety akan memberikan pengamanan lebih kepada pekerja tersebut.

Pentingnya Menggunakan Alat Safety

Ada banyak jenis alat safety yang tersedia di pasaran. Alat safety ini berbeda beda jenisnya dan berbeda beda pula kegunaannya. Terdapat alat safety yang berbeda beda untuk pekerjaan berbeda beda. Pada artikel ini, secara khusus akan membahas jenis jenis alat safety yang lazim ditemui di lingkungan kerja konstruksi dan pembangunan.

Alat alat safety ini yang nantinya akan melindungi pekerja dari marabahaya serta risiko kecelakaan kerja. Selain itu, alat safety merupakan sesuatu yang diwajibkan kepada pekerja konstruksi. Secara hukum juga telah ditetapkan kewajiban menggunakan alat safety pada pekerjaan konstruksi. Anda bisa membeli perlengkapan safety secara online maupun offline.

Peraturan dan kewajiban tersebut tertulis dalam pasal 14 Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pasal tersebut berbunyi “setiap pengusaha atau pengurus perusahaan wajib menyediakan Alat Pelindung Diri secara cuma-cuma terhadap tenaga kerja dan orang lain yang memasuki tempat kerja.

Maka dari itu, sangat wajib memiliki alat safety untuk pekerja konstruksi. Kita juga harus mengetahui jenis jenis alat safety yang berbeda beda. Berikut adalah beberapa jenis jenis alat safety yang biasa ditemui pada lingkungan kerja konstruksi beserta fungsinya.

Helm Safety

Alat safety pertama yang wajib dimiliki oleh pekerja konstruksi adalah helm safety. Helm safety merupakan topi pengaman dalam bentuk helm yang wajib dipakai oleh pekerja konstruksi. Alat safety ini berfungsi untuk melindungi kepala pekerja yang mungkin dapat tertimpa benda berat yang jatuh. Selain itu, helm safety juga dapat melindungi pekerja terhadap barang barang yang melayang.

Helm safety ini harus memiliki bahan yang keras dan kokoh namun tetap ringan dan nyaman dipakai dikepala. Sangat penting untuk menggunakan helm safety di kawasan kerja konstruksi karena sangat penting untuk melindungi kepala. Jika kepala terkena barang barang berat maka akan berdampak pada geger otak atau bahkan kematian.

Masker Industrial

Selain helm safety, terdapat alat safety jenis lain yaitu masker. Masker adalah alat safety yang digunakan untuk menutup mulut dan hidung dari pekerja. Guna dari masker adalah untuk melindungi pernafasan pekerja dari bahan bahan berbahaya seperti bahan kimia. Contoh dari bahan kimia yang berbahaya jika dihirup adalah uap ataupun gas beracun dari kimia.

Selain itu, masker juga dapat melindungi pernafasan pekerja dari debu debu kasar dari penggerinderaan. Jika pernafasan tidak dilindungi maka akan terjadi permasalahan pada pernafasan yang dapat berujung pada sesak nafas hingga kematian. Oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan masker bagi pekerja safety di kawasan konstruksi.

Kacamata Safety Untuk Konstruksi

Jenis alat safety selanjutnya adalah kacamata safety. Kacamata merupakan perlengkapan safety yang sangat penting untuk digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Kacamata yang digunakan disini adalah kacama pelindung atau juga dapat disebut sebagai protective goggles. Kacamata ini berfungsi untuk melindungi mata pekerja dari bahaya seperti lemparan benda benda kecil dan lembaran benda panas.

Contohnya, pada saat melaukan penglasan. Terdapat percikan besi yang dapat membahayakan mata dari pekerja. Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan kacamata safety. Selain itu, kacamata pelindung atau kacamata safety juga melindungi mata dari percikan bahan kimia dan logam cair.

Sarung Tangan

Alat safety selanjutnya sarung tangan safety. Sarung tangan safety berfungsi untuk melindungi tangan dari benda benda tajam. Selain itu, sarung tangan safety juga berfungsi untuk mencegah cidera saat bekerja. Terdapat banyak jenis dan macam sarung tangan. Yang pertama adalah leather gloves. Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi tangan dari permukaan kasar. Jenis kedua adalah rubber gloves. Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi tangan saat bekerja ataupun berhadapan dengan listrik.

Jenis sarung tangan ketiga adalah vinyl dan neoprene gloves. Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi tangan dari bahan bahan kimia yang beracun dan berbahaya. Jenis sarung tangan keempat adalah padded cloth gloves. Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi tangan dari segi yang tajam, bergelombang atau kotor. Jenis sarung tangan kelima adalah heat resistant gloves. Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi tangan dari panas dan api.

Jenis sarung tangan keenam adalah latex disposable gloves. Sarung tangan ini betfungsi untuk melindungi tangan dari serangan bakteri dan kuman. Jenis sarung tangan terakhir adalah metal mesh gloves. Sarung tangan ini berfungsi melindungi tangan dari benda-benda tajam dan mencegah tangan terpotong akibat benda tajam.

Sepatu safety

Alat safety terakhir adalah sepatu safety. Sepatu safety berguna untuk melindungi kaki dari bahan bahan berat dan serpihan serpihan. Selain itu, sepatu safety juga berfungsi sebagai alat pengaman pada tempat berlumpur dan becek. Sepatu safety ini memiliki lapisan khusus seperti metal untuk melindungi kaki dari benda tajam dan berat. Selain itu, juga melindungi kaki dari benda panas dan cairan kimia.

Masih banyak jenis alat safety lainnya yang lazim ditemukan di lingkungan konstruksi. Alat alat ini berkontribusi banyak menyelamatkan nyawa pekerja konstruksi serta meminimalisir kecelakaan kerja. Selain itu, lingkungan pekerjaan konstruksi dipenuhi dengan alat berat dan kimia yang berbahaya. Maka dari itu penting untuk menggunakan alat safety.