Wisata Sulawesi

Keunikan di Kota Palu Yang Instagenik dan Menakjubkan

Mungkin Kota Palu hanya sepetak wilayah yang tidak terlalu besar di Sulawesi Tengah. Sekalipun demikian, kota ini dinisbatkan sebagai ibu kota provinsi...

Written by Ariko · 2 min read >
Keunikan di Kota Palu Yang Instagenik dan Menakjubkan

Mungkin Kota Palu hanya sepetak wilayah yang tidak terlalu besar di Sulawesi Tengah. Sekalipun demikian, kota ini dinisbatkan sebagai ibu kota provinsi yang membuktikan kalau Palu memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. 

Salah satu keunikan yang dimiliki Palu Sulteng adalah panorama alam yang sangat luar biasa. Bahkan kota yang berada tepat di pusat garis khatulistiwa ini memiliki beberapa tempat wisata alam yang luar biasa.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan tentang keunikan dan ciri khas dari Kota Palu. Silakan disimak paling tidak supaya pembaca mengetahui kalau di Sulteng ada satu wilayah yang sangat ikonik dan luar biasa. Ini dia keunikan yang dimaksud: 

1. Memiliki Ragam Bahasa yang Sangat Banyak

Keunikan Palu yang pertama adalah memiliki varian bahasa yang sangat banyak. Bahkan ragam bahasa yang masih digunakan hingga saat ini ada 22 macam belum lagi bahasa yang digunakan pada kelompok-kelompok masyarakat di pelosok. 

Uniknya, perbedaan ragam bahasa tidak mengganggu status keakraban warga di kota ini. Ini tidak lain akibat kemampuan pemerintah setempat mengkondisikan perbedaan justru menjadi penyemangat untuk hidup lebih rukun penuh solidaritas. 

Salah satu teknik pemerintah untuk menjamin keakraban masyarakat di Palu ialah membuka akses semua warga untuk saling mempelajari bahasa. Sedangkan tujuannya ialah supaya warga merasa memiliki bahasa tersebut sekalipun konteksnya memiliki perbedaan ujaran.

2. Kota Palu, Kota Metropolitan yang Indah

Kota di Palu adalah kota metropolitan di Sulawesi Tengah. Namun, kontur tanahnya tidak sama dengan Jakarta dan Surabaya yang panas, justru di Palu iklimnya lebih sejuk dan indah. 

Hal ini disebabkan oleh kawasan Palu yang dikelilingi oleh bentangan gunung dengan ketinggian ideal. Apalagi di bagian yang lebih rendah bisa ditemukan Teluk Palu yang ikut menambah suasana kota terlihat instagenik jika dilihat dari udara. 

Oleh karena itu, jika berkunjung ke Kota Palu Sulteng traveler akan dimanja dengan pemandangan alam yang instagramable. Apalagi jika sudah menikmati pesona sunsite di Teluk Palu yang indah. 

3. Udara di Kota Palu Segar dan Bersih

Sebagai ibu kota provinsi seharusnya Kota Palu di Sulteng memiliki udara yang kotor dan panas akibat polusi kendaraan dan pabrik. Akan tetapi, ternyata udara di kota ini masih terkesan bersih dan segar dibandingkan ibu kota yang lain. 

Hal ini disebabkan oleh kesadaran warga yang cukup tinggi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan pabrik besar maupun menengah di Palu tidak ada yang membuang limbah sembarangan sehingga sungai di sini masih bersih dan bening. 

Uniknya lagi sekalipun kendaraan bermotor di Kota Palu cukup padat, tetapi hampir tidak pernah terjadi macet di kota ini. Sebuah fenomena yang sulit ditemukan di ibu kota yang lain apalagi di Jakarta dan Surabaya. 

4. Kota Palu Memiliki Kawasan yang Luas

Kota Palu Sulawesi Tengah merupakan kawasan yang sangat luas di Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk mengetahuinya silakan lihat di peta maka akan terpampang luas wilayah Palu yang cukup lapang. 

Karena alasan luas wilayah di atas maka tidak ada warga Palu yang ditransmigrasikan ke luar daerah. Justru pemerintah menjadikan sebagian wilayah di Palu sebagai lokasi transmigran dari Jawa bahkan Jakarta. 

Karena itu jangan heran ketika berkunjung ke Palu akan ditemukan dengan mudah masyarakat pendatang seperti dari Madura, Jakarta dan Surabaya. Mereka sebagian besar berprofesi sebagai pedagang dengan membuka warung kelontong di pasar tradisional. 

Baca juga: Memiliki Nilai Seni Tinggi, Batik Modern Tulis Hadir Eksklusif

5. Memiliki Destinasi Wisata Alam yang Indah

Keunikan Kota Palu yang berikutnya ialah memiliki destinasi wisata alam yang cukup banyak. Bahkan semua tempat wisata tersedia dari wisata gunung hingga destinasi pantai yang permai. 

Karena pesona inilah pemerintah mulai menggenjot fasilitas wisata supaya turis yang datang semakin banyak. Apalagi beberapa tahun ke depan, destinasi wisata harus menjadi aset ekonomi paling signifikan di Palu. 

Tempat wisata alam Palu yang terkenal di antaranya adalah Pantai Tanjung Karang, Pantai Talise, Danau Poso, Pusentasi Laut, Air Terjun Saluopa, Jembatan Palu dan Pulau Pasoso. Ini merupakan destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

6. Kota Palu Memiliki Kuliner Lezat tetapi Murah

Jika pergi ke Palu jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Dijamin tidak memberatkan kantong tetapi rasa lezat yang dihadirkan pasti nendang di lidah dan membuat ketagihan. 

Tidak hanya itu, oleh-oleh khas Palu juga layak dibeli sebagai buah tangan ketika kembali ke kampung halaman. Untuk pasarnya sendiri cukup mudah, pengunjung tinggal mendatangi restoran, warung atau pasar tradisional saja maka kuliner ini sudah bisa ditemukan di sana. 

Kuliner khas Palu yang terkenal di antaranya adalah Kacang Goyang, Labia Dange, Sambal Ikan Roa, Kue Paranggi, Banua Cokelat dan Duo Sale. Makanan-makanan ini yang menjadi ikonik Palu sehingga rugi kalau Anda tidak mencicipinya. 

Itulah beberapa keunikan dari Kota Palu Sulteng. Silakan persiapkan budget untuk mendatanginya terutama bagi Anda pecinta travelling ke seluruh Indonesia.