Info

Konektor Listrik: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Di dalam dunia kelistrikan atau elektronika, konektor listrik adalah salah satu elemen dan komponen yang amat penting dalam suatu rangkaian kelistrikan. Namun...

Written by Ariko · 2 min read >
Konektor Listrik

Di dalam dunia kelistrikan atau elektronika, konektor listrik adalah salah satu elemen dan komponen yang amat penting dalam suatu rangkaian kelistrikan. Namun hingga saat ini, masih banyak orang yang memiliki pengetahuan dasar yang kurang mengenai apa itu konektor dan juga jenis-jenisnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada ulasan kali ini, kami akan mencoba sedikit menjelaskan mengenai apa itu konektor listrik, fungsi dan juga jenis-jenisnya. Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya yang telah saya rangkum untuk anda.

Apa itu Konektor Listrik?

Mari ulasan kali ini dari membahas mengenai definisi konektor terlebih dahulu. Konektor adalah suatu komponen yang menghubungkan antara satu rangkaian elektronik dengan rangkaian elektronik lainnya atau suatu perangkat dengan perangkat lainnya.

Konektor ini umumnya memiliki desain berbentuk komponen elektro mekanikal dengan konektor plug (male) dan juga konektor socket (female). Singkatnya, konektor ini adalah bagian ujung kabel yang terhubung dengan port di sebuah perangkat.

Dalam sebuah perangkat ataupun rangkain elektronik, konektor memiliki beberapa fungsi penting yakni meliputi:

  • Menjadi titik pertemuan antara  instrumen dan juga kabel.
  • Menjaga kestabilan sinyal informasi antara pengirim dan juga penerima.
  • Memenuhi kapasitas keluaran dari suatu perangkat.

Jenis-Jenis Konektor

Melansir informasi dari beberapa halaman blog yang membahas tentang kelistrikan, kami menemukan bahwa terdapat banyak sekali jenis konektor yang ada saat ini. Sebut saja beberapa seperti konektor USB, konektor kabel coaxial, konektor BNC, konektor Banana dan lainnya.

Pada bagian ini, kami akan mencoba menjelaskan beberapa jenis konektor yang paling sering digunakan hari ini.

Konektor Banana

konektor banana
Sumber gambar: bhphotovideo

Salah satu jenis konektor yang hari ini paling sering digunakan adalah Konektor Banana. Sebagian dari anda mungkin pernah melihat jenis konektor yang satu ini, namun tidak mengetahuinya. Konektor banana ini adalah jenis konektor yang umumnya digunakan untuk menghubungkan speaker dan amplifier.

Selain pada speaker dan amplifier, Sejumlah teknisi juga banyak menggunakan konektor ini pada sejumlah peralatan test equipment seperti Osiloskop dan juga Multimeter ini.

Salah satu kelebihan dari konektor yang temuan Richard Hirschmann pada tahun 1924 ini adalah kemampuannya untuk melewatkan arus listrik tinggi hingga 10A. Banyak orang yang menyebut connector ini dengan Banana Plug Connector karena konektor ini memiliki pin yang menonjol keluar seperti Banana alias pisang.

Konektor USB

Konektor USB
Sumber gambar: amazon.com

Konektor USB menjadi jenis konektor selanjutnya yang terbilang yang banyak teknisi listrik gunakan. USB sendiri merupakan singkatan dar Universal Serial Bus. Penggunaan konektor ini biasnanya dapat anda temukan pada pengisian daya atau menghubungkan antara komputer dengan sejumlah perangkat elektronika seperti Smartphone, Kamera Digital, Hardisk dan lainnya.

Seiring dengan semakin majunya teknologi, saat ini banyak industri yang memproduksi konektor USB ini dalam berbagai jenis ukuran, yakni tipe standar, mini dan juga mikro. Melansir informasi dari banyak blog yang membahas mengenai perangkat elektronik, kami menemukan bahwa jenis konektor USB ini muncul pertama kali pada tahun 1994. Pembuatan konektor ini sendiri melibatkan 7 perusahaan teknologi besar yaitu:

  • Compaq
  • DEC
  • IBM
  • Intel
  • Microsoft
  • NEC 
  • Nortel

Konektor Coaxial

Konektor Coaxial
Sumber gambar: shopee.co.id

Jenis konektor terakhir yang akan kami bahas adalah konektor Coaxial. Konektor Coaxial ini umumnya dapat kamu temukan di kabel antena Televisi. Jenis konektor ini memiliki kelebihan untuk mengurangi noise pada frekuensi yang tinggi.

Pemesanan dan Pembelian Konektor Listrik

Konektor ini biasanya tersedia dan dapat dipesan di sejumlah distributor wago seperti PT.Helix Elektrindo. Selain itu, anda juga dapat membelinya di sejumlah marketplace ternama seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lainnya.

Sekian sedikit ulasan dari kami mengenai konektor listrik, fungsi dan beberapa jenisnya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti artikel pengetahuan umum menarik lainya dari kami dengan mengikuti blog ini. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.