Info

Menikmati Kelezatan Makanan Khas Maluku

Berbicara soal Maluku tentu tidak lengkap jika tidak mencoba makanan khasnya. Makanan khas Maluku ini memiliki berbagai jenis yang menarik dan rasanya...

Written by Ariko · 2 min read >
Menikmati Kelezatan Makanan Khas Maluku

Berbicara soal Maluku tentu tidak lengkap jika tidak mencoba makanan khasnya. Makanan khas Maluku ini memiliki berbagai jenis yang menarik dan rasanya lezat. Jenis makanannya sangat kaya akan rempah dengan kelezatan yang tidak bisa dibandingkan lagi.

Ada berbagai jenis makanan khas Maluku yang bisa dicicipi dan dibeli dengan mudah ketika Anda berkunjung ke sana. Apa saja makanan khas Maluku yang legendaris dan lezat ini?

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Lezat

Papeda yang Khas

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Lezat
source: blog.sukawu.com

Anda pasti pernah mendengar nama makanan khas Maluku yang unik ini. Tapi mungkin Anda tidak tahu seperti apa bentuknya. Papeda merupakan sebuah makanan khas yang berbahan dasar dari bubur sagu, biasanya dimakan bersama dengan tuna atau mubarak bumbu kuniogng. 

Namun papeda juga bisa dimakan bersama dengan olahan makanan dari ikan gabus, kakap merah atau ikan yang lain. Bukan sudah tidak asing lagi jika papeda, ini memiliki tekstur yang lengket, seperti lem, dan memiliki rasa yang ringan tetapi tawar. 

Waktu terbaik untuk memakan papeda adalah ketika masih panas. Cara makannya sangat unik, yaitu tanpa menggunakan sendok, melainkan langsung dari piringnya dan diseruput. Makanan ini tentunya sudah banyak ditemukan di berbagai berita Maluku bukan?

Ikan Kuah Pala Banda yang Segar

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Lezat

Ikan kuah Pala Banda adalah makanan khas di Kepulauan Banda nama daerah Maluku. Pulau Banda terkenal dengan rempah-rempahnya, maka tak heran juga makanannya kaya akan rempah. Kelezatan kuah dari ikan ini sudah dikenal sejak ratusan tahun. 

Dulu, makanan khas ini disajikan untuk pejabat Belanda yang datang ke Banda pada masa penjajahan. Supnya segar, asam dan pedas dengan pala menjadi kombinasi rasa yang unik. Makanan ikan kuah pala Banda ini biasanya dimakan bersama olahan daun pepaya, kakap merah bakar dan samba bekasang yang terbuat dari ikan cakalang.

Nasi Lapola yang Lezat

Meskipun sagu menjadi makanan pokok masyarakat Maluku, tetapi mereka juga makan nasi untuk kesehariannya, Nasi yang biasanya mereka makan bernama nasi lapola. Nasi lapola merupakan makanan khas Maluku yang dimasak dengan kacang tolo. 

Nasi ini dimasak dengan api kecil hingga setengah matang, kemudian dicampur dengan kacang tortilla yang sudah matang, kelapa parut dan garam, kemudian diaduk rata. Setelah itu nasi ini dilanjutkan dengan dikukus.

Baca juga: Ide Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

Kohu-kohu dengan Singkong  Rebus Cita Rasa Khas

Guhu Guhu ini seperti olahan makanan urap di Jawa. Kohu-kohu terbuat dari ikan basah, tauge, terong, kacang panjang matang, dan kelapa parut, semua bahan ini dicampur menjadi satu. Lalu bumbui dengan jeruk nipis, cabe, bawang merah dan bawang putih secara merata. Saat disantap akan lebih nikmat dengan singkong rebus (kasbi).

Makanan khas Maluku ini memang merupakan makanan yang sangat unik dan belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Makanan Unik si Ikan Komu Asar

Makanana khas dari Maluku selanjutnya adalah ikan komu asar. Makanan ini berbahan dasar ikan cakalang. Pengolahannya dilakukan dengan cara ditusuk menggunakan bambu. Kemudian diasap kurang lebih satu jam.

Jika tidak ada ikan cakalang, olahan makanan ini bisa digantikan dengan ikan tongkol atau juga tuna. Memakan ikan komu asar akan lebih lezat ketika dimakan bersama dengan nasi hangat dan sambal colo-colo.

Sagu woku komo-komo

Makanan khas Maluku berbahan dasar sagu selain papeda adalah woku komo-komo. Cara produksi makanan ini sangat khas. Pertama rendam sagu dalam air dingin selama satu jam. Kemudian goreng bawang putih, serai dan jahe serta bumbu lainnya setelah diiris tipis. 

Kemudian tambahkan ikan dan air, masak hingga matang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga kecoklatan dan harum. Tambahkan santan cair dan sagu, lalu masak hingga kering. Tambahkan santan kental, garam, merica dan daun bawang cincang. 

Setelah matang sagu dinginkan dulu sebelum diolah. Isi perut ikan cincang yang sudah dimasak tadi dipotong menjadi dadu. Kemudian, masukkan sagu cincang dan isi perut ikan ke daun woka. Terakhir, daun woka  ini dipanggang dengan bara api hingga kering dan matang sempurna. Sagu woku komo-komo ini sangat cocok sebagai makanan khas yang unik ketika datang ke Maluku.

Sambal Colo-colo yang Pedas

Ini adalah sambal sambal khas Ambon yang terkenal dengan rasa pedasnya tidak bisa dikalahkan. sambal jenis ini sudah menjadi makanan pelengkap yang sangat dibutuhkan masyarakat Maluku ketika menyantap hampir semua jenis makanan. 

Sambal colo-colo dibuat dari irisan tipis tomat muda, daun bawang dan cabai, dan bawang merah. kemudian ditaburi garam dan perasan jeruk nipis tanpa perlu diulek. Anda juga bisa menambahkan saus Colo-colo ini dengan daun kemangi, irisan kenari mentah atau rarobang. Anda juga bisa menambahkan kecap manis yang membuat rasanya makin segar.

Demikian tadi beberapa makanan khas Maluku yang wajib dicoba karena rasanya sangat lezat. Tertarik untuk mencicipinya?