Fashion

MEMBERSIHKAN SEPATU DARI NODA KOTOR

Sepatu kini memang sedang menjadi sorotan. Tingginya peminat sepatu tentu saja perlu ilmu untuk merawatnya. Terlebih lagi teruntuk para pemakai jenis sepatu...

Written by Ariko · 3 min read >
membersihkan sepatu

Sepatu kini memang sedang menjadi sorotan. Tingginya peminat sepatu tentu saja perlu ilmu untuk merawatnya. Terlebih lagi teruntuk para pemakai jenis sepatu putih. Namun ternyata membersihkan sepatu putih  tidak sesulit yang kamu selama ini dibayangkan.Banyak sekali orang takut menggunakan sepatu dengan warna ini karena warnanya membuat kotoran terlihat lebih mencolok. Padahal sepatu putih membuat tampilanmu terlihat lebih bergaya meskipun warna ini terkesan sederhana. Sepatu putih memberikan kesan yang mewah dan elegan.

Desain pada sepatu putih pun sangat bagus dan mewah. Sehingga walaupun sangat rentan sepatu putih ini memiliki peminat yang cukup banyak. Para pembeli tetap membeli sepatu secara online walaupun sepatu putih dikenal sebagai mudah kotor.

Nah, kini kamu tidak perlu merasa khawatir lagi dengan sepatu putihmu yang terlihat kotor.

Ikuti saja beberapa langkah membersihkan sepatu putih yang kami rekomendasikan ya !

LANGKAH – LANGKAH DALAM MEMBERSIKAN SEPATU WARNA PUTIH

1. Menutup Goresan dengan Kuteks

Sepatu putih dengan bahan kulit sintetis biasanya sering terkena benda tajam atau bergesekan. Sehingga rentan muncul goresan pada permukaan sepatu. Masalah yang satu ini sebenarnya  dapat diakali dengan menggunakan cat kuku berwarna putih atau kuteks.

Pilih kuteks dengan warna yang sama dengan permukaan sepatu. Lalu oleskan pada bagian yang terkena goresan. Meskipun sifat dari kuteks ini tidak permanen, kamu bisa mengulang proses ini apabila goresan kembali muncul. Kuteks dapat menyamarkan goresan yang tercipta oleh benda tajam. Cara ini sangat simple bukan.

2. Menghilangkan Noda Membandel dengan Cuka

Cuka kini dapat menjadi opsi untuk kamu para pemilik sepatu putih. Apabila noda tidak kunjung menghilang meskipun sudah dibersihkan dengan sabun. Mungkin kamu harus membawa teknik pembersihan ini ke level selanjutnya. Terkesan seperti game memang tapi beginilah caranya. Kamu bisa menggunakan cuka sebagai juru kuncinya. Caranya sangat simple dan mudah. Yaitu dengan cara menggosokannya secara perlahan pada permukaan yang kotor. Kamu hanya perlu melakukan hal tersebut sampai nodanya menghilang.

3. Membersihkan dengan Pasta Gigi

Belum banyak yang tahu jika pasta gigi memiliki peran yang penting terhadap dunia persepatuan. Pasta gigi  dengan sikatnya dapat membantu menghapus noda membandel pada sepatu putih lho. Cara membersihkan sepatu putih kali ini tidak memerlukan proses yang rumit.

Caranya sangat simple. Cukup dengan  mengoleskan pasta gigi pada area yang kotor dan sikat secara perlahan. Jika telah selesai, segera bersihkan dengan lap atau handuk basah. Hal tersebut bertujuan agar bekas pasta gigi dan noda bisa hilang secara menyeluruh.

4. Menghilangkan Noda Minyak dengan Sampo

Pernah nggak sih, sepatu putihmu ketumpahan makanan yang mengandung minyak?

Pasti rasanya sangat sedih dan kecewa. Kecewa karna makanannya jatuh. Sedih karna sepatu putih kesayangan malah kotor. Aduh berasa jatuh tertimpa tangga. Namun kini tak perlu lagi khawatir karena poin yang satu ini akan membahas hal tersebut.

Bagaimana cara menghilangkan noda membandel pada sepatu putih. Bahan yang dibutuhkan inipun sangat mudah ditemukan. Cukup sediakan sampo. Lalu sikat perlahan pada bagian yang terkena makanan tersebut. Setelah itu, bilas dengan air hangat untuk mengangkat noda minyak secara maksimal.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Hindari menyimpan sepatu putih di tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

Pasalnya, sinar matahari yang terlalu kuat bisa menyebabkan warna sepatu berubah menjadi kecokelatan.

Untuk itu, simpanlah sepatumu di area yang sejuk dan gelap agar warna aslinya tetap terjaga.

6. Percepat Pengeringan dengan Tisu atau Koran

Kali ini memang sedikit berbeda tetapi sangat bermanfaat untuk kamu para pemilik sepatu. Ketika musim hujan tiba tentu saja mengeringkan sepatu akan terasa lebih lama daripada biasanya.  Namun, ternyata terdapat cara simple yang sangat jitu. Cara ini bisa membantumu mengatasi masalah yang satu ini.

Kamu bisa mempercepat pengeringan dengan cara memasukkan gumpalan kertas koran atau tisu ke dalam sepatu. Ternyata, hal ini memungkinkan, lho. Sebab,  tisu dan koran memiliki sifat yang dapat menyerap air. Sehingga sepatu akan kering dengan lebih cepat. Tapi untuk yangkali ini perlu ekstra hati – hati.

7. Mencuci Tali Sepatu dengan Cara Direndam di Dalam Air Hangat

Selain membersihkan sepatu terdapat satu hal juga yang harus menjadi perhatian. Jangan lupa untuk memerhatikan cara membersihkan tali sepatu dengan baik dan benar.

Memasukkan tali sepatu ke dalam mesin cuci merupakan salah satu kesalahan. Hal itu sangat tidak disarankan karena hasilnya tidak akan memuaskan.

Berikut adalah cara membersihkan tali sepatu putih:

1. Rendamlah tali sepatu di dalam air hangat yang telah diberi sabun.

2. Rendamlah  minimal 10 menit.

3. Kucek tali sepatu dengan tangan atau sikat dengan sikat gigi untuk menghilangkan noda yang membandel.

8. Jangan Dicuci dengan Mesin

Mesikpun terdapat mesin cuci yang khusus digunakan untuk mencuci sepatu. Ada baiknya untuk tidak menggunakan hal tersebut pada sepatu putih kesayanganmu. Meskipun mesin tersebut berputar dengan sangat lambat usahakan untuk hindari. Tetap jadikan mencuci di mesin sebagai pilihan terakhir. Hal tersebut dikarenakan sepatu kulit sintetis berwarna putih sangat mudah tergores.

9. Cara Memutihkan Sepatu Putih dengan Pemutih

Cara yang satu ini adalah pilihan terakhir jika cara-cara di atas benar-benar kurang efektif atau tidak ada jalan lain lagi. Cara ini cukup simple tapi harus dengan seksama. Pasalnya, pemutih ada cairan yang bersifat korosif sehingga cukup berbahaya. Hal pertama yang harus dilakukan ialah mencairkan satu bagian pemutih menjadi beberapa bagian.

Lalu dibantu dengan gunakan sikat gigi untuk menyikatnya. Setelah itu Diamkan beberapa saat sebelum dibilas secara menyeluruh. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan karet dan celemek untuk melindungi pakaian, ya. Saat membeli sepatu online, teman teman juga bisa mencari pemutih khusus di toko sepatu online.

Itulah beberapa tips dan cara membersihkan sepatu putih dengan mudah yang perlu untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Tren Sepatu Wanita Trendy

Tren Sepatu Wanita Trendy

Ariko in Fashion
  ·   3 min read