Pengetahuan

Mari Mengenal Cerita Pendek Lebih Banyak Lagi Yuk, Agar Anda Semakin Cerdas

Mengenal cerita pendek sepertinya sangat penting untuk diketahui bagi yang gemar atau sedang tahap belajar menulis cerpen. Karena pemahaman serta penulisan cerita...

Written by Ariko · 2 min read >
Mari Mengenal Cerita Pendek Lebih Banyak Lagi Yuk, Agar Anda Semakin Cerdas

Mengenal cerita pendek sepertinya sangat penting untuk diketahui bagi yang gemar atau sedang tahap belajar menulis cerpen. Karena pemahaman serta penulisan cerita pendek yang terkadang masih salah. Oleh sebab itu, harus dipelajari lebih dalam lagi.

Cerita pendek adalah adalah salah satu bagian dari prosa yang berbentuk cerita fiksi yang hanya memiliki satu konflik. Pengertian cerita fiksi sendiri adalah prosa tentang karakter atau peristiwa yang tidak nyata. Isi cerita pendek ini lebih ringkas dibandingkan dengan novel.

Mengenal Cerita Pendek Berdasarkan Ciri-Ciri dan Struktur Ceritanya

Berbeda dengan novel yang notabene ceritanya sangat panjang hingga berbab-bab, maka lain halnya dengan cerita pendek. Lebih ringkas, cerita pendek mengemas peristiwa hanya dalam satu waktu saja. Untuk mengenal lebih dalam, mari simak tentang ulasan cerita pendek;

Mengenal Cerita Pendek: Ciri-Ciri Cerita Pendek

Mengenal cerita pendek lebih dalam dapat dimulai dari ciri-ciri cerita pendek agar semakin paham. Cerita pendek memiliki ciri-ciri antara lain terdiri atas 1.600 hingga 10.000 kata, hanya berfokus pada satu tema dan berlangsung dalam satu latar saja.

Cerita pendek juga memiliki ciri khas dengan adanya diksi yang mudah dipahami. Berfokus hanya pada satu karakter juga menjadi bagian mengenal cerita pendek sederhana yang tidak boleh dilupakan. Oleh sebab itu cerita pendek tidak meluber ceritanya.

Struktur Cerita Pendek

Apabila dilihat dari isinya, cerita pendek biasanya memiliki beberapa bagian penting. Bagian tersebut antara lain abstrak yaitu bagian dari cerita pendek yang merupakan gambaran awal cerita. Abtrak juga berisi tentang intisari cerita yang akan disampaikan.

Bagian lainnya adalah tentang orientasi yang merupakan bagian pengenalan cerita pendek yang penting. Pada bagian inilah tokoh dan latar akan diperkenalkan.Puncaknya adalah komplikasi  dimana tokoh mengalami konflik sebelum cerita berakhir.

Pada bagian pendinginan dari cerita pendek, sampailah pada bagian evaluasi. Struktur cerita pendek ini adalah klimaks yang setelahnya akan ditemukan pemecahan. Bagian akhir adalah resolusi atau penurunan konflik dan koda yang merupakan akhir cerita.

Mengenal Cerita Pendek: Unsur Ekstrinsik Cerita Pendek

Bagian dari mengenal cerita pendek yang lainnya adalah tentang pembahasan unsur ekstrinsik. Unsur ini terdiri atas latar belakang masyarakat sehingga paham tentang motif mengapa cerita tersebut dibuat. Selanjutnya adalah kepengarangan atau sejarah hidup penulis.

Lebih dikenal dengan profil, sejarah penulis adalah bagian penting. Dengan demikian akan dapat mengetahui bagaimana latar belakang tulisan. Biasanya rasa dari tulisan sesuai dengan latar belakang penulis.

Unsur Intrinsik Cerita Pendek

Struktur dari mengenal cerita pendek berbahasa Indonesia yang harus diketahui adalah tentang unsur intrinsik. Unsur ini terdiri atas tema atau permasalahan yang diangkat dalam cerita pendek. Tokoh juga adalah bagian intrinsik yang merupakan sosok rekaan penulis.

Unsur yang lain dari cerita pendek adalah penokohan, watak tokoh hingga latar tentang cerita pendek. Latar sendiri terdiri dari latar tempat, suasana dan katar waktu. Untuk membuat cerita pendek lebih seru dibuatlah plot atau alur perjalanan cerita pendek.

Unsur intrisik cerita pendek yang lain adalah sudut pandang cerita. Umumnya cerita pendek menggunakan sudut pandang pertama atau sudut pandang ketiga. Bagian terakhir adalah pesan atau amanat tentang cerita yang dibuat sehingga dapat bermanfaat untuk kehidupan.

Mengenal Cerita Pendek: Kaidah Bahasa Cerita Pendek

Dari segi bahasa seperti yang tertulis di  https://academia.co.id  cerita pendek lebih mudah. Dibandingkan dengan novel yang memiliki bahasa dan diksi rumit, cerita pendek lebih mudah. Adapun ciri-ciri lain dari kaidah bahasa cerpen adalah adanya pendeskripsian yang kuat.

Pendeskripsian yang kuat ini dikarenakan cerita yang dibuat hanya dalam satu peristiwa. Jadi, penggambarannya harus kuat agar pembaca dapat masuk ke dalam cerita. Ciri lainnya adalah penggunaan kata keterangan untuk menunjukkan latar waktu atau tempat.

Untuk mengenal deskripsi cerita pendek bisa dilihat dari kalimat yang digunakan. Dominan menggunakan dialog atau kalimat langsung adalah cirinya. Bahasa yang digunakan adalah semiformal yang sesuai dengan aturan PUEBI.

Contoh Cerita Pendek

Untuk mengenal cerita pendek lebih dalam, ada baiknya bila tahu beberapa contoh cerita pendek. Sebut saja misalnya emak ingin naik haji karangan Asma Nadia yang juga diangkat menjadi layar lebar. Menggunakan tema perjuangan naik haji, cerita ini dikemas dengan baik.

Alurnya yang menegangkan membuat pembaca dan penikmat filmnya begitu menghayati permasalahan yang dialami tokoh utama. Begitu pula dengan keseruan alur dari tokoh pendukungnya serta plot twist yang tidak terduga.

Baca juga: Geotextile Geobag untuk Penahan Erosi dan Abrasi

Ditutup dengan ending yang sedih tetap saja cerita pendek ini memberikan pesan yang berharga. Meskipun dikemas dengan sederhana dan tema yang biasa, tapi cerpen ini dapat hidup dan mengajarkan banyak hal. Sebuah cerpen inspiratif.

Demikianlah ulasan tentang mengenal cerita pendek yang harus diketahui. Hal penting tersebut harus dipahami bagi seorang cerpenis. Ingin tahu lebih dalam tentang cerita pendek, bisa klik di https://academia.co.id/ , semoga bermanfaat.