Tips

10 Cara Menjaga Kebersihkan Lingkungan Rumah Paling Mudah

Cara Menjaga Kebersihkan Lingkungan Rumah. Banyak yang mengeluh jika rumahnya tidak bisa rapi dan bersih. Padahal ada banyak cara untuk menjaga kebersihkan...

Written by Ariko · 3 min read >
10 Cara Menjaga Kebersihkan Lingkungan Rumah Paling Mudah

Cara Menjaga Kebersihkan Lingkungan Rumah. Banyak yang mengeluh jika rumahnya tidak bisa rapi dan bersih. Padahal ada banyak cara untuk menjaga kebersihkan rumah yang bisa dirutinkan. Dengan kebiasan yang dilakukan secara rutin tersebut, Anda tidak akan kewalahan untuk menjaga kebersihkan rumah.

Ingat, mulai sekarang Anda harus membiasakan membersihkan rumah dengan rutin. Terlebih saat ini virus covid 19 sudah menyebar di seluruh dunia. dan salah satu untuk mencegahnya adalah dengan menjaga kebersihkan. Mungkin di awal untuk menjaga kebersihkan akan sangat sulit. Namun lakukan terus-menerus dan nantinya akan menjadi kebiasaan sehat. Berikut cara menjaga kebersihan lingkungan rumah:

Cara menjaga kebersihan lingkungan rumah paling mudah

Jangan Lupa Rapikan Tempat Tidur

Cara menjaga kebersihan lingkungan rumah

Sesaat setelah bangun tidur, tidak jarang dari kita yang langsung meninggalkan tempat tidur tanpa membersihkan dan merapikan tempat tidur. Mulai sekarang Anda harus membiasakan diri dengan membersihkan dan merapikan tempat tidur setelah bangun tidur.

Jadikan hal positif ini sebagai kebiasaan setiap paginya. Ketika Anda kembali dari kantor atau tempat beraktivitas, Anda akan menjumpai tempat tidur yang rapi tdan tertata. Akhirnya bisa langsung untuk mengistirahatkan badan. Selain itu, cara menjaga kebersihkan lingkungan rumah ini juga membuat tempat tidur menjadi rapi dan enak dipandang.

Sapu Dan Pel Lantai Secara Rutin

Menyapu dan mengepel lantai adalah aktivitas yang penting untuk menjaga kebersihkan lingkungan rumah. Aktivitas ini jangan sampai disepelekan begitu saja. Setidaknya, sapu dan pel lantai satu kali sehari, misalnya saat pagi hari sebelum beraktivitas.

Untuk menyapu lantai biasanya aktivitasnya bisa dilakukan lebih dari sekali dalam sehari. Terlebih jika di rumah banyak penghuninya. Anda bisa menggunakan pewangi agar lantai rumah semakin wangi saat mengepel. Dengan menyapu, lantai yang kotor menjadi bersih kembali.

Baca juga: Tren Sepatu Wanita Trendy

Kembalikan Barang Pada Tempatnya

Cara menjaga kebersihkan lingkungan rumah berikutnya adalah dengan mengembalikan barang ke tempatnya. Jadi setelah menggunakan satu barang tertentu, misalnya gunting kuku, Anda harus mengembalikan benda ini ke tempat semula.

Tidak ada cerita lupa meletakkan barang seperti kunci, dompet, pisau, serbet dan lainnya jika Anda melakukan hal ini. Jika perlku Anda harus menyiapkan wadah khusus untuk meletakkan barang tertentu. Jadi jika nanti membutuhkan barang tersebut, Anda tidak lagi kebingungan untuk mencarinya.

Menjaga Toilet Tetap Bersih

Menjaga toilet agar tetap bersih itu sangat penting. Toilet sangat rentan akan kuman. Jika tidak dibersihkan dengan serius, toilet dapat menjadi ladang kuman dan penyakit.

Anda dapat secara rutin membersihkan dengan menyikat kloset yang kotor, tetap menjaga lantai bersih, menguras bak mandi agar air tetap bersih. Dan yang paling penting jangan biarkan kloset Anda mampet.

Jika kloset mampet, Anda dapat mengatasi nya dengan menghubungi layanan sedot WC. Anda dapat mengunjungi situs sedotwcjakarta.co.id untuk sedot WC Jakarta.

Cuci Baju Setiap Hari

Mulai sekarang Anda yang malas mencuci baju, biasakan mencuci baju setiap hari. Hal ini untuk mencegah agar pakaian tidak menumpuk segunung. Jadi jangan biarkan pakaian semua anggota keluarga menumpuk berhari-hari di tong pakaian. Pakaian kotor tadi bisa menyebabkan debu, bakteri dan juga berbagai kotoran lain.

Jadi sebisa mungkin cuci pakaian setiap hari. Mungkin agak susah karena harus membiasakan diri. Namun jika cara menjaga kebersihkan lingkungan rumah ini Anda terapkan dan biasakan, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit. Pasalnya baju kotor kadang menjadi sarang penyakit.

Simpan Sepatu Di Rak Sepatu

Kadang kita seenaknya saat menggunakan sepatu dan sandal. Tidak sedikit dari kita yang mengenakan sepatu atau sandal dari luar ketika masuk ke rumah. Kita tidak memikirkan bagaimana bentuk sandal dan sepatu tersebut. Jika Anda masih melakukan kebiasaan buruk ini, biasanya menyebabkan penyakit dan kotoran masuk ke dalam rumah.

Tentu saja Anda tidak tahu apa yang diinjak saat keluar rumah tadi. Mulai sekarang, simpan sepatu di rak sepatu setelah digunakan. Anda bisa membuat rak khusus di depan pintu masuk rumah. Jangan meletakkan sepatu seenaknya. Anda juga harus menata sepatu dan sandal agar terlihat lebih rapi.

Baca juga: Alat-alat Sedot WC Jakarta Selatan yang Harus Kamu Tahu

Bersihkan Seisi Rumah Sebelum Tidur

Cara menjaga kebersihkan lingkungan rumah berikutnya adalah dengan membersihkan seisi rumah sebelum berangkat tidur. Jadi sebelum berangkat tidur, Anda harus mengecek bagaimana kondisi rumah terlebih dahulu. Pastikan rumah tidak berantakan saat tidur. Mungkin saja ada handuk yang jatuh atau sepatu yang diletakkan sembarangan atau sebagainya.

Begitu juga dengan pakaian yang tidak tertata rapi. Piring yang belum dicuci ataiu sebagainya. Biasakan merapikannya terlebih dahulu sebelum tidur. Dengan cara sederhana ini, rumah tidak akan ditempeli kotoran yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Buat Tempat Sampah Di Dalam Rumah

Tempat sampah adalah tempat untuk membuang sampah. Biasanya tempat sampah diletakkan di luar rumah. Namun tidak ada salahnya jika Anda mempunyai tempat sampah khusus di dalam rumah. Tapi bedakan jenis sampah yang dibuang di dalamnya.

Jika ingin membuat sampah dalam bentuk sisa makanan atau bahan yang mudah busuk lainnya, sampah tadi harus dibuang ke depan rumah. Namun jika ingin buang sampah dalam bentuk kertas atau plastik, tidak ada masalah jika membuangnya di  tempat sampah bagian dalam rumah. Cara ini cocok untuk Anda yang malas membuang sampah ke luar rumah.

Buat Jadwal Untuk Membersihkan Rumah

Bagi yang tidak memiliki asisten rumah tangga untuk membersihkan lingkungan rumah, ada cara menjaga kebersihkan lingkungan rumah ytng bisa diterapkan. Jadi Anda harus membuat jadwal khusus untuk membersihkan rumah dan seisinya. Tidak perlu setiap hari tapi pastikan seminggu sekali ada jawal untuk membersihkan rumah.

Anda bisa memulainya dengan hal kecil terlebih dahulu. Cocok untuk anda yang capek karena seminggu sudah bekerja. Contohnya minggu pertama di awal bulan membersihkan taman. Selanjutnya di minggu kedua mengepel dan membersihkan kamar mandi dan sebagainya. Dengan begitu, rumah akan terjaga kebersihannya meskipun Anda sedang sibuk bekerja.

Libatkan Keluarga Untuk Menjaga Kebersihkan Rumah

Bagi yang ingin menjaga kebersihan lingkungan rumah, Anda harus melibatkan semua anggota keluarga, Ingat, kebersihan rumah adalah tanggung jawab semua anggota keluarga. Mungkin Anda bisa saja menanggung kebersihkan rumah sendirian. Tapi hal tersebut membuat anggota keluarga lain akan seenaknya saja saat di rumah

Bagi yang memiliki anak kecil, ajarkan mereka untuk menjaga kebersihkan rumah. Coba dengan hal sederhana terlebih dahulu. Misal, setelah selesai bermain, ajak dan ajari mereka untuk meletakkan mainan tadi ke tempat semula. Ajak juga untuk menyapu dan aktivitas kebersihan lain.

Itu beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan rumah yang bisa diterapkan. Masih banyak cara lain yang harus diperhatikan. Menjaga kebersihan rumah itu sangat penting. Dengan hal sederhana ini, Anda dan keluarga bisa terhindar dariĀ  berbagai penyakit.

Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Ariko in Tips
  ·   3 min read