Tips

Beragam Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Kloset, Mudah Dan Langsung Bersih

Noda kuning di kloset menjadi masalah yang umum bagi kebersihan toilet dan kamar mandi. Noda ini bisa disebabkan karena banyak hal. Namun...

Written by Ariko · 3 min read >
Beragam Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Klose

Noda kuning di kloset menjadi masalah yang umum bagi kebersihan toilet dan kamar mandi. Noda ini bisa disebabkan karena banyak hal. Namun yang paling umum disebabkan karena tumpukan kotoran, mineral dan juga air yang mengendap di kloset,

Mungkin Anda sering mengabaikan masalah ini karena tidak terlalu mengganggu aktivitas. Namun seiring berjalannya waktu, noda kuning di kloset membuat tampilan kamar mandi menjadi kotor, berbau dan juga tidak enak dipandang. Noda ini bisa berbentuk lingkaran atrau garis kecoklatan. Namun yang paling umum adalah noda berwarna kuning.

Cara menghilangkan noda kuning di kloset tentunya harus diperhatikan karena sangat penting untuk diketahui. Meskipun di pasaran banyak produk untuk membersihkan dan menghilangkan bau noda kuning ini, namun Anda bisa menggunakan bahan rumahan. Selain murah di kantong, bahan-bahan yang dimaksud juga membuat lingkungan menjadi tidak terganggu.

Hal tersebut karena bahan yang digunakan terbebas dari zat kimia yang bisa saja merusak lingkungan sekitar. Lantas apa saja bahan dan bagaimana cara untuk menghilangkan noda kuning di kloset tersebut? Bagi yang penasaran tinggal cek caranya berikut.

Beragam Cara Menghilangkan Noda Kuning Di Kloset, Mudah Dan Langsung Bersih

Menggunakan Campuran Cuka Dan Baking Soda

Cara pertama untuk menghilangkan noda kuning di kloset adalah mengandalkan bahan yang terbuat dari campuran cuka dan baking soda/ Cuka dan baking soda menjadi bahan rumahan yang sangat berguna untuk membersihkan beragam benda, termasuk noda kuning yang membandel dan menempel di kloset.

Penerapan cara menghilangkan noda kuning di kloset menggunakan bahan ini tidak terlalu rumit. Jadi bagus untuk pemula yang memang belum tahu caranya. Bagi yang masih belum paham, Anda bisa menerapkan tutorial berikut;

  1. Pertama-tama, tuangkan dulu satu cangkir cuka ke permukaan kloset. Anda juga bisa dengan meratakan bahan tersebut ke sikat dan menggosok ke permukaan kloset yang ada noda kuningnya. Biarkan hingga beberapa menit terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, tambahkan sekitar satu cangkir baking soda ke permukaan kloset. Tambahkan satu sampai 2 cangkir cuka lagi. Hal ini membuat dua bahan campuran tadi akan mendesis. Biarkan saja beberapa menit agar bahan menyatu untuk membersihkan noda kuning di kloset.
  3. Pakai sikat toilet untuk mengoleskan dan menghilangkan larutan yang ada di sekitar kloset tadi. Pastikan larutan tadi menempel di noda yang ada dan di garis air. Jangan langsung disirim dahulu.
  4. Biarkan saja hingga larutan cuka dan baking soda selama 20 menit. Sikat beberapa kali sampai noda tadi hilang. Jika noda kuning masih ada di permukaan kloset, Anda bisa menggunakan sikat toilet atau sikat nilon yang berbulu kaku.
  5. Terakhir, siram toilet untuk membiulas larutan tadi.

Cara menghilangkan noda kuning di kloset ini memang andalan. Pasalnya cukup akurat dan memberi hasil yang benar-benar memuaskan. Dibanding harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli deterjen, ada baiknya mencoba cara ini saja.

Baca juga: Baca juga: Alat-alat Sedot WC Jakarta Selatan yang Harus Kamu Tahu

Menggunakan Boraks Dan Cuka

Boraks dan juga cuka menjadi produk pembersih multifungsi yang bisa bekerja efektif untuk membersihkan noda kuning di kloset atau perlengkapan pipa lainnya. Tidak berbeda dengan cara sebelumnya, cara menghilangkan noda kuning dengan bahan ini tidak terlalu sulit. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama Anda harus menuangkan seperempat cangkir boraks ke kloset. Agar merata, Anda bisa menggunakan sikat toilet
  2. Selanjutnya, tambahkan juga satu cangkir cuka ke permukaan kloset yang ada noda kuningnya radi. Jangan langsung disikat, Anda harus mendiamkan dua bahan tersebut selama kurang lebih 20 hingga 30 menit.
  3. Setelah itu Anda bisa menggosok kloset yang ada noda kuningnya tadi memakai sikat toilet untuk membersihkan dan menghilangkan noda.
  4. Jika dirasa sudah cukup, siram kloset dengan air mengalir agar menghilangkan campuran tadi.

Cara menghilangkan noda kuning di kloset menggunakan cuka adalah dengan memasukkan tiga cangkir cuka ke kloset yang bernoda. Selanjutnya dengan menggosok menggunakan sikat toilet. Atau juga bisa dengan memasukkan cuka ke botol semprot dan menyemprotkan cuka ke noda kuning secara langsung.

Menghilangkan Noda Kuning Di Kloset dengan Pasta Boraks

Mungkin dari Anda sudah tidak asing dengan nama pasta boraks. Bahan ini adalah salah satu bahan terbaik untuk membersihkan berbagai hal dengan mudah, termasuk noda kuning yang sering menempel di kloset.

Pasta borak sangat ampuh untuk noda kuning yang membandel yang mana tidak bisa dibersihkan dengan cara sebelumnya. Cara menerapkannya juga tidak terlalu rumit karena kurang lebih hampir sama dengan cara sebelumnya. Bagi yang ingin mencoba, Anda bisa simak tutorial berikut:

  1. Pertama, Anda harus membuat pasta boraks terlebih dahulu. Caranya dengan mencampurkan ½ cangkir boraks dan cuka. Aduk hingga membentuk pasta yang agak kental.
  2. Selanjutnya oleskan pasta tersebut ke noda kuning di kloset. Tunggu hingga beberapa saat. Pasta boraks tadi akan menempel dan mengeras dengan sangat cepat. Jangan tambahkan cuka hingga Anda siap untuk mengoles pasta tersebut.
  3. Biarkan pasta melekat di noda kuning selama beberapa menit. Untuk hasil maksimal, Anda harus menunggu hingga 30 menit terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya Anda tinggal membersihkan pasta dan noda menggunakan sikat nilon yang berbulu kaku.
  5. Siram kloset dengan air mengalir untuk membilasnya.

Bagi yang merasa tidak bisa membuat pasta, Anda bisa menggantinya dengan menaburkan bubuk boraks langsung ke noda kuning. Jadi, taburkan bubuknya langsung ke noda dan gosok menggunakan sikat toilet. Setelah menggosoknya, Anda tinggal mendiamkan bubuk hingga 30 menit. Siram menggunakan air bersih.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga ampuh untuk cara menghilangkan noda kuning di kloset. Jadi, bahan minuman bersoda tadi sangat ampuh untuk mengangkat noda membandel yang sering ditemui di permukaan porselen, contohnya seperti kloset. Penerapannya juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Bahkan banyak yang bilang lebih sederhana karena tidak rumit.

Pertama, Anda bisa menuangkan satu kaleng penuh soda di sekeliling kloset yang ada noda kuningnya. Jadi kloset benar-benar terlapisi oleh soda. Selanjutnya, Anda bisa mendiamkan kloset hingga beberapa jam supaya asam soda bisa mengurai noda kuning tadi. Gosok dengan sikat dan siram agar soda hilang.

Menghilangkan Noda Kuning Di Kloset Menggunakan Lemon

Lemon juga bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan noda kuning di kloset. Perasan air lemon menjadi pengganti cuka karena keasamannya. Lemon memang punya sifat asam yang sangat kuat. Karena itulah Anda bisa menjadikannya sebagai pembersih kloset yang efisien.

Bahkan bahan ini juga bagus untuk memerangi bakteri di kloset. Anda bisa menggosok setengah bagian lemon ke noda kuning kloset. Selanjutnya gosok menggunakan sikat berbahan kaku. Jika perlu, Anda bisa menambahkan baking soda, cuka atau boraks untuk hasil terbaik.

Anda juga bisa memeras lemon. Tuangkan air lemon ke noda kuning dan diamkan beberapa menit. Gosok menggunakan sikat. Cara menghilangkan noda kuning di kloset menggunakan lemon memang handal dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Kebersihan kamar mandi begitu penting untuk kita. Dan jangan lupa untuk membersihkan secara rutin, dan Anda dapat menghubungi jasa sedot wc apabila ada masalah pada kamar mandi Anda seperti kloset mampet. Kunjungi halaman sedotwcjakarta.co.id untuk wilayah sedot wc Jakarta.

Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Ariko in Tips
  ·   3 min read