Off topic

Murah! Ongkos Pasang U Ditch Untuk Perumahan

Written by Ariko · 3 min read >
Murah! Ongkos Pasang U Ditch Untuk Perumahan

Ongkos pasang u ditch untuk perumahan mahalkah?. Perumahan yang memiliki riwayat drainase yang buruk biasanya akan sangat membutuhkan saluran air yang baik. Pemasangan u ditch menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berkaitan dengan ongkos pemasangan u ditch perumahan tidaklah semahal yang dipikirkan. Dibandingkan dengan pemasangan u ditch di daerah perkantoran tentu ongkos jasanya akan lebih mahal. Sebab area yang dipasang akan lebih luas dan butuh banyak.

Persiapan Ongkos Pasang U Ditch yang Harus Diketahui

Berbicara tentang biaya pasang u ditch untuk perumahan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum u ditch di pasang. Persiapan pemasangan juga masuk dalam ongkos jasa  tersebut. Simak ulasannya di bawah ini;

1.Pengukuran

Sebelum melakukan pemasangan u ditch hal yang dilakukan pertama kali adalah melakukan pengukuran area yang akan dipasang u ditch. Ukur seberapa panjang area saluran air tersebut. Dengan begitu akan diketahui berapa banyak u ditch yang dibutuhkan.

2. Menggali Tanah

Setelah pengukuran area yang akan di pasang u ditch selesai, selanjutnya adalah melakukan penggalian tanah. Gali tanah tersebut dengan menggunakan backhoe agar lebih mudah dan cepat. Dalam galian tanah adalah sesuai dengan ukuran tinggi u ditch yang digunakan.

3. Pembuangan Tanah Galian

Saat proses penggalian tanah, sudah pasti akan banyak tanah yang berserakan di sekitar galian. Tanah galian tersebut biasanya tidak akan digunakan sepenuhnya. Oleh sebab itu dibutuhkan tempat pembuangan tanah agar area terlihat rapi dan bersih saat selesai pemasangan.

4. Pengurukan Galian Tanah

Galian tanah yang telah siap dipasang u ditch memerlukan pengurukan agar u ditch terpasang kuat. Pengurukan dilakukan secara bertahap menggunakan excavator atau menggunakan tenaga manusia. Ongkos jasa untuk pasang u ditch dengan mesin biasanya lebih mahal.

5. Pemasangan U Ditch

Saat area yang akan dipasang dengan u ditch telah siap, maka pemasangan pun bisa dilakukan. U ditch memiliki 2 jenis dengan fungsi yang berbeda. Untuk daerah perumahan bisa menggunakan u ditch light duty karena tidak dilewati beban berat di atasnya.

Tahapan penting ini jelas membutuhkan ongkos pasang u ditch yang tidak sedikit. Jadi, saat membuat rincian ongkos jasa, tidak hanya saat pemasangan saja yang harus dicatat. Proses sebelum pemasangan juga tidak boleh diabaikan.

Cara Menghitung Ongkos Pasang U Ditch

Untuk mengetahui berapa banyak ongkos pasang u ditch yang dikeluarkan harus membuat analisa terlebih dahulu. Analisa ini dibuat mulai dari persiapan hingga perawatan setelah pemasangan selesai. Berikut adalah cara membuat analisa untuk mengetahui ongkos pemasangannya;

1.Tahap Persiapan

Sebelum u ditch dipasang, dibutuhkan persiapan matang. Mulai dari pengukuran hingga penggalian tanah adalah bagian dari persiapan. Tahap ini biasanya dibantu oleh tenaga mesin dan manusia, dimana biayanya telah masuk hitungan dalam ongkos pasang u ditch.

2. Penyediaan Material

Selain u ditch, terdapat material lain yang diperlukan saat memasang produk saluran air ini. Material ini dibutuhkan untuk merekatkan u ditch pada saluran yang akan dibuat. Material yang dibutuhkan tergantung berapa banyak u ditch yang akan dipasang.

3. Penyediaan U Ditch

Ongkos jasa pasang u ditch tidak hanya berkaitan dengan tenaga kerja, material dan pembelian u ditch saja. Proses mendatangkan u ditch dari pabrik hingga ke area yang dituju juga harus masuk dalam hitungan ongkos. Baik itu untuk tenaga angkut atau biaya kirimnya.

4. Harga Satuan U Ditch

Yang paling penting dalam perhitungan ongkos memasang u ditch adalah harga satuan u ditch itu sendiri. Harga U Ditch yang berbeda-beda bergantung dengan ukuran dan jenisnya. Untuk harga satuannya  dapat dilihat di sini.

Ukuran Produk U Ditch TerbaruHarga Satuan(Rp/Pcs)
300x300x1200 mm269.000
300x400x1200 mm297.000
300x500x1200 mm344.000
400x400x1200 mm354.000
400x600x1200 mm483.000
500x500x1200 mm510.000
500x600x1200 mm545.000
500x700x1200 mm598.000
600x600x1200 mm595.000
600x700x1200 mm670.000
600x800x1200 mm745.000
800x800x1200 mm855.000
800x1000x1200 mm980.000
1000x1000x1200 mm1.414.000
1000x1200x1200 mm1.560.000
1200x1200x1200 mm1.664.000

5. Perawatan Setelah Pemasangan

Setelah u ditch terpasang dengan sempurna pada saluran drainase atau irigasi, bukan berarti biaya pasang u ditch juga selesai. Ongkos pasang tetap berjalan karena u ditch yang telah terpasang masih membutuhkan perawatan. Artinya membutuhkan biaya dan masuk dalam ongkos pemasangan u ditch.

Baca juga: Ketentuan Terbaru Tentang Batu Nisan di San Diego Hills

Tips Agar Ongkos Pasang U Ditch Tidak Bengkak

Seringkali ketika membuat analisa biaya yang dibutuhkan saat pemasangan u ditch, saat berada di lapangan justru biayanya bisa berubah. Kadang kala justru biaya yang dibuat malah bertambah. Untuk menyiasai agar tidak mengalami pembengkakan, gunakan tips berikut ini;

1.Beli Material yang Dibutuhkan di Tempat Langgangan

Saat pemasangan u ditch berlangsung, dibutuhkan beberapa material agar u ditch bisa terpasang dengan sempurna. Material yang dibutuhkan tergantung berapa banyak u ditch yang dipasang. Semakin banyak tentu material yang dibutuhkan juga banyak.

Nah, dengan material yang banyak ini jelas akan memakan ongkos yang banyak pula. Solusinya agar ongkos pasang u ditch dapat dihemat, material yang dibutuhkan bisa dibeli di tempat langganan. Biasanya saat membeli dalam jumlah banyak akan mendapatkan diskon.

2. Maksimalkan Tenaga Mesin Demi Mengurangi Ongkos Pasang U Ditch

Untuk memasang u ditch tenaga yang dibutuhkan bukan hanya berasal dari manusia. Tenaga mesin juga sangat dibutuhkan. Untuk menggali area yang akan dipasang u ditch, mengaduk material semen hingga mengangkut u ditch yang sangat berat.

Agar ongkos memasang sebuah u ditch tidak mengalami pembengkakan parah, maka penggunaan mesin harus dimaksimalkan. Umumnya biaya pengadaan mesin yang banyak memakan biaya. Sewa mesin backhoe atau mesin yang lain pastinya tidak murah.

3. Efisiensi Waktu

Alasan mengapa u ditch sekarang lebih banyak digunakan adalah karena pemasangannya yang relative cepat. Namun, di lapangan kadang muncul beberapa kendala di luar perkiraan. Akibatnya waktu pemasangan bisa molor dan akan menambah ongkos pasang.

Jika tidak ingin mengalami hal yang demikian, efisiensi waktu harus diterapkan. Berikan target pada para pekerja berapa hari pemasangan u ditch harus selesai. Jika perlu bisa memanfaatkan tenaga borongan yang lebih murah.

4. Beli U Ditch Di Pabrik Secara Langsung untuk Menghemat Ongkos Pasang U Ditch

Ingin mendapatkan u ditch dengan harga miring? Datang saja secara langsung ke pabrik pembuatan u ditch. Harga satuannya biasanya lebih murah. Terlebih jika u ditch yang akan dibeli dalam jumlah banyak, maka harganya akan semakin murah.

5. Gunakan U Ditch Sesuai dengan Kebutuhan Untuk Mengurangi Ongkos Pasang U Ditch

U ditch memiliki 2 jenis sesuai dengan fungsinya. Untuk area perumahan sebaiknya menggunakan u ditch light duty yang lebih murah karena jenis khusus untuk area yang tidak dilalui beban berat. Jika menggunakan jenis heavy akan memakan biaya yang lebih banyak.

Demikian sekilas tentang ongkos pasang u ditch yang perlu untuk diketahui. Rincian ongkos pasang sangat penting agar dapat menyiapkan berapa budget yang dibutuhkan untuk pemasangan u ditc di perumahan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Ragam Struktur Organisasi Kapal

Ragam Struktur Organisasi Kapal

Ariko in Off topic
  ·   2 min read