Media Sosial

Paket Combo First Media Membantu Membangun Personal Branding

Written by Ariko · 2 min read >

Pertumbuhan sosial media sejak tahun 2004 selalu mengalami peningkatan. Dapat dikatakan sekarang merupakan puncak popularitas berbagai platform sosial media. Hal ini dimanfaatkan untuk membangun personal branding dari bisnis yang baru lahir. Personal branding tidak akan bekerja secara optimal tanpa akses internet cepat dari paket combo first media.

Berlangganan paket combo tidak hanya menyediakan layanan internet cepat tetapi juga sambungan TV kabel. Jadi, setelah Anda penat seharian melakukan personal branding dapat beralih menikmati siaran TV kabel. Berikut ini media sosial paling recommended dan tips-tips meningkatkan personal branding untuk usaha Anda.

Sosial Media Untuk Personal Branding

Logo Sosial Media Populer
Sosial Media Mewarnai Dunia Maya (www.econsultacy.com)

Tingginya pengguna sosial media disebabkan oleh pengguna smartphone yang semakin membludak. Kebiasaan masyarakat modern lebih menyukai layanan internet karena menganggap lebih membantu hidupnya. Baik itu dalam mencari informasi, teman, hiburan, dan lainnya. Ada tiga sosial media raksasa yang cocok dijadikan media personal branding.

1. Facebook

Melansir dari We Are Social dan Hootsuite, jumlah pengguna Faceboook dari seluruh dunia mencapai 3 milyar jiwa. Sementara itu, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 130 juta akun.

Dilihat dari statistik tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya bisnis. Caranya dengan mengunggah produk-produk Anda ke akun Facebook maupun grup-grup jual beli. Melalui Facebook, Anda dapat mengetahui jumlah viewer unggahan, minat masyarakat, dan tanggapan pengguna lainnya.

2. Twitter

Twitter menjadi sosial media terbesar nomor dua didunia. Apabila ingin mengenalkan produk harus menggunakan kalimat singkat, padat, dan jelas. Sebab setiap pemilik akun twitter dapat memposting tulisan dengan batasan jumlah karakter. Salah satu fitur andalan adalah thread yang biasanya digunakan ketika membuat review.

3. Instagram

Instagram merupakan sosial media yang jumlah pengguna aktif lebih dari 1 milyar. Hampir semua pengguna smartphone memiliki akun instagram yang dimanfaatkan berbagi momen. Sosial media satu ini juga efektif digunakan untuk menciptakan personal branding. Terlebih lagi tampilannya sangat mobile friendly, mengunggah berbagai konten, dan layanan gratis.

Tips Personal Branding Sosial Media

Ilustrasi Personal Branding (www.elitemarketer.com)

Membangun personal branding bagi suatu bisnis bukan hanya menunjukkan eksistensi semata. Tetapi mencari pembeli sesuai dengan target pasar. Simak tips-tips membangun personal branding dibawah ini.

1. Nama Seragam Pada Semua Sosial Media

Pengguna sosial media dapat menunjukkan jati dirinya alias menciptakan framming. Begitu pula dengan bisnis online dapat memunculkan framming bisnis apakah terpercaya atau abal-abal.

Buatlah deskripsi bisnis Anda dengan kata-kata informatif pada bagian profil. Selain itu, selalu mengunggah foto orisinal dari produk yang Anda jual. Apabila menggunakan sosial media lebih dari satu maka nama disetiap akun sosial media harus sama. Misalnya, nama akun instagram Alat-alat Make-up Wanita maka penamaan akun facebook dan twitter harus sama juga.

2. Memperbaharui Profil Secara Berkala

Lakukan pembaharuan foto profil secara berkala, misalnya setiap 6 bulan sekali. Pembaharuan profil juga harus up to date sesuai dengan produk yang Anda jual. Selain itu, memperbarui profil membuat brand Anda tidak monoton.

Namun, ada profil yang tidak boleh diperbaharui sembarangan seperti logo dan nama akun. Kedua hal ini menjadi identitas personal branding Anda.

3. Mengunggah Konten Berkualitas

Mengunggah konten foto, video, dan tulisan di sosial media harus berkualitas. Seperti foto produk orisinal, video informatif, dan konten artikel tidak bertele-tele. Apabila Anda mengunggah konten foto maka pertimbangkan kontras warna dan desainnya.

Jangan lupa pula membuat jadwal posting konten pada waktu-waktu efektif masyarakat membuka instagram. Konten berkualitas juga tercipta setelah melakukan riset pasar mengenai topik yang tengah hangat diperbincangkan.

4. Bergabung Dalam Komunitas

Komunitas merupakan tempat mencari ilmu maupun teman. Tidak ada salahnya Anda yang memiliki bisnis online bergabung dengan komunitas bisnis yang sama visinya. Dari komunitas tersebut dapat menambah follower, partner bisnis, dan meningkatkan engagement akun instagram Anda.

Cobalah melakukan interaksi dengan orang-orang yang satu pemikiran dengan Anda. Komunitas bisnis tidak hanya ada di instagram, tetapi juga twitter, facebook, maupun whatsapp. Sesekali berkomentar pada postingan komunitas dan arahkan pengguna lain untuk melihat halaman sosial media Anda.

5. Mengikuti Akun-akun Bermanfaat

Tips lainnya untuk menciptakan personal branding melalui sosial media adalah mengikuti akun-akun bermanfaat. Akun-akun yang diikuti harus sesuai dengan bisnis yang Anda geluti. Misalnya, apabila bergerak dalam bidang pembiayaan maka ikuti akun Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan lainnya. Adapun tujuan mengikuti akun-akun ini untuk mendukung personal statement pada profil Anda.

6. Minta Testimoni dari Rekan

Anda dapat meminta testimoni dari rekan-rekan pengguna sosial media. Sehingga dapat tercipta kepercayaan bagi pengunjung yang hendak membeli produk Anda. Testimoni dapat dibuat dengan komentar, postingan foto, video, maupun membuat sosial media khusus testimoni. Keberadaan testimoni juga menunjukka profesionalitas akun sosial media Anda.

Paket Combo First Media Maksimalkan Personal Branding

Internet Rumah Tercepat Unlimited & TV Kabel HD Terbaik
Layanan TV Kabel HD dan Internet Unlimited (www.firstmedia.com)

Maksimalkan sosial media akan lebih optimal jika dilakukan secara konsisten. Konsistensi harus didukung oleh sambungan internet cepat. Salah satu rekomendasi terbaik menggunakan paket combo first media.

Anda dapat menikmati layananan internet anti lelet dan layanan TV kabel. Setelah seharian bekerja untuk meningkatkan personal branding, dapat bersantai dan menikmati channel favorit.

Mari hubungi marketing first media untuk informasi paket combo lebih lanjut. Jangan sampai personal branding melalui sosial media terhambat karena sambungan internet lelet.