Tips

Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk Agar Selalu Kinclong

Menjaga kebersihan rumah sangat penting, termasuk kloset. Terlebih banyak yang menyebut jika bagian ni adalah tempat yang paling kotor di rumah. Kadang...

Written by Ariko · 3 min read >
Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk Agar Selalu Kinclong

Menjaga kebersihan rumah sangat penting, termasuk kloset. Terlebih banyak yang menyebut jika bagian ni adalah tempat yang paling kotor di rumah. Kadang banyak yang sebal karena tangki kloset duduk ada noda membandel. Tidak dibersihkan terasa mengganggu. Tapi kalau dibersihkan kadang sangat sulit.

Bagi yang ingin tahu cara efektif dan paling mudah membersihkan tangkir kloset duduk, artikel ini sangat pas karena membahas hal tersebut. Kadang banyak yang enggan dan sering menunda untuk membersihkan tangki kloset duduk. Padahal menjaga kebersihan bagian ini sangatlah penting. Kloset yang kotor membuat perkembangan kuman dan bakteri semakin pesat.

Bahkan tidak jarang berbagai penyakit juga disebabkan karena tangki kloset kotor. Kenapa bisa begitu? Karena setelah buang air kecil atau buang air besar, kita tidak mau mencuci tangan terlebih dahulu. Akhirnya tangan menempel ke tempat lain dan membuat seisi rumah menjadi tempat perkembangan bakteri. Lantas bagaimana cara membersihkan tangki kloset duduk? Anda bisa cek caranya berikut

Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk

Siapkan Alatnya Terlebih Dahulu

Langkah pertama Anda harus menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Misalnya seperti sikat, karbol dan tisu basah. Singkirkan benda yang bisa menghalangi saat ingin membersihkan tangki kloset. Kotak sikat gigi, tempat sabun hingga keset ada baiknya ditaruh dulu di luar kloset agar tidak terkena cipratan pembersih.

Ada baiknya membaca dulu panduan dan petunjuk penggunaan pembersih sebelum menggunakannya. Umumnya ada beberapa pembersih yang bisa bekerja optimal jika didiamkan dulu selama beberapa menit. Jangan hiraukan panduan ini agar tangki kloset duduk bisa dibersihkan secara optimal.

Pakai Sarung Tangan

Berikutnya Anda juga harus mengingat kebersihan diri sendiri sebelum membersihkan tangki kloset duduk. Jadi saat ingin membersihkan kloset duduk, Anda harus memakai sarung tangan atau juga pelindung kulit lainnya. Langkah ini sangat penting. Terlebih jika nanti Anda memakai karbol yang terkenal dengan bahan yang keras dan bisa merusak kulit.

Anda bisa menggunakan sarung tangan yang berbahan dasar karet yang tahan terhadap air atau benda berbahan keras lainnya. Selain itu, bedakan juga warnanya dengan sarung tangan lain. Tjuannya agar nanti Anda bisa membedakan sarung tangan untuk keperluan lain. Cara membersihkan tangki kloset duduk ini memang penting karena menyangkut keamanan diri sendiri.

Baca juga: MEMBERSIHKAN SEPATU DARI NODA KOTOR

Bersihkan Dulu Bagian Dalam Kloset

Setelah persiapannya beres, Anda sudah bisa memasuki tahap pembersihan tangki kloset. Pertama-tama, Anda bisa menyiram atau menyemprot tangki kloset dengan air panas terlebih dahulu. Fungsi dari air panas membantu untuk membersihkan tangki agar lebih optimal.

Air panas bisa menyerap dan melepas kotoran serta debu yang menempel di permukaan tangki. Selanjutnya Anda bisa menuangkan pembersih ke dalam toilet dan permukaan tangki secara merata. Jangan langsung disiram Anda harus menunggunya terlebih dahulu beberapa menit.

Gosok Menggunakan Sikat Yang Permukaannya Kasar

Setelah mendiamkan tangki kloset, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang berbahan plastik keras. Selanjutnya gosok secara rata dan menyeluruh, khususnya di bagian yang ada noda membandelnya. Saat menggosok tangki kloset, Anda juga harus memperhatikan bagiannya dengan baik.

Perhatikan setiap noda yang mungkin menumpuk di salah satu bagian tangki. Setelah itu, celupkan sikat ke bagian tadi beberapa kali supaya tangki bisa dibersihkan dengan optimal. Tentu, semakin teliti dan kuat saat menggosok bagian tangki, kotoran yang menempel akan cepat hilang.

Bersihkan Juga Bagian Luarnya

Setelah membersihkan bagian dalam tangki kloset, Anda jangan lupa membersihkan bagian luarnya. Cara membersihkan tangki kloset duduk bagian luar tidak terlalu rumit dibanding sebelumnya. Pertama, Anda bisa menguncurkan cairan pembersih di sepanjang pinggiran bawah luar. Selanjutnya diamkan permukaanya.

Setelah mendiamkan permukaan bagian luar tangki kloset, Anda bisa menyikat permukaannya hingga bersih. Untuk membersihkan tangki kloset bagian luar, Anda bisa menggunakan tisu lap sekali pakai.

Bagian yang harus dibersihkan adalah kedua dudukan di sisi kloset, tombol penggelontor dan juga tangki penampung air. Bagian dasar kloset dan juga bagian belakang jangan lupa dibersihkan juga. Anda bisa memakai pembersih pipa atau sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian tersebut.

Bilas kloset

Sekarang tangki kloset sudah lebih bersih dan juga wangi dibanding sebelumnya. Langkah berikut untuk cara membersihkan tangki kloset duduk adalah Anda harus membilas toilet. Tujuannya tidak lain agar nanti bisa membuang air yang sudah terakumulasi dengan kotoran dari dalam kloset.

Bagi yang menggunakan tisu sekali pakai, Anda bisa menggunakan momen ini untuk membilas kloset. Ingat, Anda jangan membuang sampah tisu di kloset. Ada baiknya membuang di tempat sampah yang sudah disiapkan di luar kamar mandi. Karena sampah tisu kadang bisa memuat saluran kloset tersumbat.

Jangan Lupa Membersihkan Peralatan Yang Sudah Digunakan

Berikutnya, Anda bisa membersihkan semua peralatan yang digunakan untuk membersihkan tangki kloset tadi. Pertama-tama, buka sarung tangan yang sedang dikenakan. Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Gunakan sabun dan air mengalir agar kebersihan tangan lebih terjaga.

Jangan lupa untuk merendam sikat dan juga berbagai peralatan tadi ke larutan pembersih. Hal ini sangat penting agar kuman yang menempel di peralatan bisa hilang dan mati. Kadang jika hanya dibersihkan dengan sabun, kuman tidak akan hilang. Bahkan peralatan bisa menjadi tempat bersarangnya kuman.

Setelah itu diamkan atau keringkan peralatan sebelum disimpan. Pastikan peralatan dalam kondisi yang kering agar tidak berjamur atau menjadi sarang bakteri. Rapikan dan letakkan peralatan ke tempat semula. Untuk tindakan pencegahan, siapkan tisu basah di sekitar kloset untuk mengelap dudukan ketika sudah selesai digunakan.

Pakai Anti Septic

Cara membersihkan tangki kloset duduk memang sangat penting untuk diperhatikan. Namun bukan berarti Anda harus membersihkan tangki kloset setiap hari. Bagi yang tidak ada waktu luang, Anda harus menjaga kebersihannya dengan baik. Salah satunya dengan rajin menyemprotkan antiseptic.

Hal tersebut bertujuan agar kuman, bakteri dan virus yang ada di kloset dan sekitarnya bisa mati. Selain itu, Anda juga tidak akan risih karena bau kurang sedap yang muncul di kloset. Anda bisa menggunakan anti septic yang banyak dijual di pasaran. Atau juga bisa menggunakan bahan alami yang dibuat sendiri di rumah. Misalnya campuran antara cuka, baking soda atau pasta boraks.

Kebersihan kloset memang sangat penting untuk diperhatikan anggota keluarga. Tentunya Anda tidak mau anggota keluarga dan Anda sendiri sakit hanya karena masalah sepele ini bukan? Untuk membersihkan kloset, Anda bisa membersihkannya satu kali dalam seminggu jika benar-benar tidak ada waktu.

Namun ada baiknya membersihkan kloset secara rutin dua kali seminggu. Dengan terjaganya tangki kloset dari kotoran, semoga anggota keluarga terbebas dari penyakit. Anda bisa sekedar menyikat lantai atau tangki kloset jika dirasa kotor. Cara membersihkan tangki kloset duduk ini memang sederhana tapi cukup ampuh.

Dan jangan lupa untuk menghubungi jasa sedot wc jika ada masalah pada kloset Anda. Kunjungi sedotwcjakarta.co.id untuk wilayah sedot wc Jakarta.

Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki

Ariko in Tips
  ·   3 min read