Tips

Tips Memilih Jasa Kirim Mobil dan Jenis-jenis Transportasi Yang Digunakan

Mengirim barang belanja online menggunakan jasa ekspedisi merupakan hal biasa. Namun, bagaiman jika barang yang ingin dikirimkan adalah kendaraan mobil dan motor....

Written by Ariko · 2 min read >
jasa kirim mobil

Mengirim barang belanja online menggunakan jasa ekspedisi merupakan hal biasa. Namun, bagaiman jika barang yang ingin dikirimkan adalah kendaraan mobil dan motor. Umunya proses pengiriman kendaraan tersebut melalui jalur laut dan darat. Anda tidak perlu memusingkan bagaimana cara mengirimnya karena sudah ada jasa kirim mobil.

Operasional perusahaan penyedia jasa ini sangat membantu aktivitas masyarakat. Terutama yang hendak mengirimkan mobil miliknya atau baru dibeli dengan tujuan antar pulau. Apabila mengendarai sendiri tentu akan menguras tenaga dan waktu. Ada berbagai transportasi penunjang pengiriman mobil yang dapat Anda gunakan. Disamping itu, terapkan tips memilih jasa pengiriman mobil berikut ini. Check this out!

Jenis Transportasi Jasa Kirim Mobil

Umumnya terdapat 5 jenis tranportasi dalam pengiriman mobil, antara lain.

1. Truk Towing

Truk towing merupakan jenis mobil derek yang digunakan untuk mengirim mobil. Umumnya rute perjalanan truk towing di dalam kota dan antar pulau. Angkutan satu ini lebih recommended untuk pengiriman mobil melalui akses darat.

Tingkat keamanan truk towing juga patut diancungin jempol karena terdapat deck khusus meletakkan mobil menjadi beban angkutan. Selain itu, penjemputan dan pengantaran mobil kiriman menggunakan towing dapat dilakukan melalui door to door. Biasanya mobil yang diangkut menggunakan towing seperti mobil sport, mobil antik, dan mobil yang mesinnya mati total.

2. Car Carrier

Car carrier merupakan jasa pengiriman mobil dengan truk yang berkapasitas memuat 5 unit kendaraan roda empat. Biasanya digunakan untuk mengirim mobil-mobil bekas dan baru sekaligus. Layanannya sangat cocok digunakan perusahaan otomotif karena tarif yang dipatok sekali pengiriman kompetitif.

4. Pengiriman Menggunakan Kontainer

Tidak jarang pula pengiriman mobil baru dan bekas menggunakan kontainer atau peti kemas. Apabila menggunakan kontainer biasanya pengirriman melalui jalur laut. Tetapi tidak jarang pula ada pengiriman kontainer melalui jalur darat.

Peti kemas atau kontainer dapat memuat mobil dalam jumlah cukup banyak. Dari segi keamanan pun lebih terpercaya karena kontainer tertutup. Sehingga aman dari cuaca, badai, dan tabrakan.

5. Kapal Roro

Kapal roro merupakan salah satu transportasi yang digunakan untuk pengiriman mobil melalui jalur laut. Jasa kirim mobil menggunakan kapal roro dikenal dengan akses pengiriman port to port yang dilakukan antar pelabuhan.

Tips Memilih Jasa Pengiriman Mobil

Jasa pengiriman mobil melalui laut dan darat kini telah menjamur. Anda dapat menerapkan sejumlah tips berikut ini agar tidak salah memilih.

1. Memeriksa Jangkauan Pengiriman

Hal pertama yang dilakukan ketika memilih jasa pengiriman mobil adalah memiliki kapasitas jangkauan pengiriman luas. Namun, ada baiknya memilih jasa pengiriman dengan jangkauan sesuai kebutuhan Anda.

 Contohnya ketika hendak mengirim mobil ke luar pulau, pilih ekspedisi pengiriman antar pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, dan Kalimantan. Oleh karenanya jangan ragu memeriksa jangkauan pengiriman. Dari sini Anda juga dapat mengecek SOP mereka terhadap layanan pengiriman mobil.

2. Fasilitas dan Sarana Memadai

Fasilitas dan sarana sangat berguna untuk menunjang jasa pengiriman mobil. Misalnya fitur tracking yang mampu melacak status pengiriman dengan menginput nomor resi. Ada pula  fitur cek tarif agar dapat mengetahui biaya pengiriman mobil sampai ke tempat tujuan.

Sebenarnya perusahaan tidak ada kewajiban harus menyediakan fasilitas dan sarana memadai. Namun, keberadaan dua hal ini membuat perusahaan ekspedisi pengiriman mobil lebih dipercayai pelanggan.

Selain itu, bagi Anda yang memilih perusahaan tersebut akan merasakan ketenangan. Fasilitas lainnya yang biasanya tersedia seperti asuransi pengiriman, packing mobil, dan tenaga ahli untuk bongkar muatan mobil.

3. Meminta Bukti Resi Kirim

Ketika menggunakan jasa pengiriman mobil tidak ada salahnya menanyakan resi pengiriman. Sehingga Anda dapat memastikan mobil kiriman aman samapi ke tujuan. Ada bukti resi yang dapat dicek secara online maupun offline. Apabila jasa pengiriman tidak menyediakan resi untuk setiap layanan maka tanyakan bagaimana Anda mengetahui laju proses pengiriman.

4. Pilih Layanan Sesuai Budget

Sesungguhnya menggunakan layanan pengiriman mobil melalui port to port lebih hemat biaya. Tetapi jika titik pengiriman mobil ke pelabuhan jauh, sebaiknya gunakan jasa pengiriman door to door. Pasalnya, sistem pengiriman door to door dinilai lebih praktis dan tidak ribet.

5. Cari Informasi Jadwal Pengiriman Mobil

Ingat jasa kirim mobil tidak tersedia setiap saat. Umumnya pengiriman mobil dilakukan pada hari dan jam tertentu. Ada waktu tertentu dimana pengiriman overload karena pelanggan melonjak tinggi. Biasanya dialami ketika hari raya  lebaran, natal, dan liburan akhir tahun.

Jadi, sangat disarankan untuk menghindari hari-hari sibuk tersebut. Apabila terjadi overload shipping dikhawatirkan pihak penyedia pengiriman mobil justru mempercepat proses pengiriman dan kualitas layanan menjadi .

6. Pilih Asuransi Pengiriman Mobil Terpercaya

Setiap orang tentu memilih jasa pengiriman mobil terpercaya. Salah satu indikasi terpercaya adalah layanan juga menyediakan asuransi pengiriman mobil. Biasanya pihak ekspedisi telah bekerjasama dengan penyedia asuransi.

7. Pilih Jasa Ekspedisi Kirim Mobil Memiliki Reputasi Baik

Setelah melihat tips-tips sebelumnya, tidak ada salahnya memilih layanan pengiriman mobil dengan reputasi baik. Anda dapat mencari track record mereka melalui Google atau menanyakan pelanggan sebelumnya.

Alasan Memilih Sarung Jok Mobil MBtech

Ariko in Tips
  ·   3 min read
Making Marbles With a Hot Head Torch

Making Marbles With a Hot Head Torch

Ariko in Tips
  ·   5 min read