Bisnis

Tips Mencari Jasa Penerjemah Resmi yang Harus Diketahui Klien

Written by Ariko · 3 min read >
Tips Mencari Jasa Penerjemah Resmi yang Harus Diketahui Klien

Memilih jasa penerjemah resmi adalah satu teknik untuk menghindari penyedia jasa penerjemah abal-abal. Karena hanya penerjemah yang legal yang bisa memberikan rasa percaya kepada klien.

Yang menjadi persoalan adalah masih banyak calon klien yang tidak mengerti cara memilih jasa penerjemah tersumpah yang resmi serta legal. Justru akibat ketidakpahaman tersebut klien bisa terjebak pada penyedia jasa yang hanya modus semata.

Maka dari itu, berhati-hatilah ketika mencari penyedia jasa penerjemah resmi ketika ingin mengubah dokumen ke bahasa asing. Pastikan klien mendapatkan yang resmi atau tidak bermitra sama sekali. Pasalnya penerjemah yang tidak resmi ada kemungkinan kualitasnya tidak bermutu.

Tips Mencari Jasa Penerjemah Resmi

Mencari jasa penerjemah resmi itu tidak mudah karena ada tips-tips tertentu yang harus dijalankan. Sayangnya tidak banyak informasi terkait tips tersebut sehingga masyarakat tidak banyak yang mengetahuinya.

Maka dari itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang tips yang dimaksud. Silakan disimak lalu jadikan sebagai pedoman klien untuk menemukan penerjemah resmi yang berkualitas. Ini tips yang dimaksud:

1. Pilih yang Memiliki Tiga Legalitas Standar

Tips yang pertama adalah memilih penerjemah yang memiliki tiga legalitas standar sekaligus yaitu legalitas dari Kemenlu, Kemenkumham dan Kemendagri. Dengan adanya legalitas ini berarti jasa penerjemah memang absah dan sudah terdaftar di pemerintah.

Sedangkan jika ada penyedia jasa penerjemah mengaku resmi tetapi tidak bisa menunjukkan bukti legal di atas berarti status keabsahannya patut dipertanyakan. Bisa jadi pengakuan tersebut hanya modus semata supaya banyak klien yang berminat untuk menggunakan jasa.

Tentunya penyedia jasa abal-abal semacam ini harus diwaspadai jika tidak ingin klien kecewa. Apalagi sudah banyak kasus klien kehilangan banyak uang akibat jasa penerjemah yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Emosi Tidak Stabil Adalah Salah Satu Ciri Anak Anda Kecanduan Judi Online

2. Memilih Penyedia Jasa yang Memiliki Situs Berdomain Premium

Saat ini banyak penyedia jasa penerjemah yang menjalankan usahanya dengan sistem online atau memasarkan jasa via internet. Nah, untuk penyedia jasa semacam ini tips mendapatkan penyedia yang resmi adalah harus melihat situsnya terlebih dahulu.

Jika situs menggunakan domain atau hosting premium bisa jadi usaha tersebut memang resmi dan legal. Paling tidak demi kepercayaan klien mereka rela mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa domain dan hosting untuk situsnya.

Namun jika situs masih menggunakan domain dan hosting gratisan maka legalitasnya patut dipertanyakan. Alasannya sederhana, bagaimana penyedia akan membayar untuk mendapatkan legalitas resmi jika menyewa domain premium saja tidak mampu.

3. Pilih Penyedia yang Bermitra dengan Jasa Pengiriman Resmi

Tips memilih jasa penerjemah resmi yang ketiga adalah memilih penyedia jasa yang bekerjasama dengan jasa pengiriman yang juga resmi dan legal. Paling tidak jasa tersebut memiliki kantor offline yang sudah dilengkapi dengan akta notaris.

Jika bermitra dengan penerjemah semacam ini tentu klien tidak khawatir dokumen tidak dikirimkan tepat waktu. Karena umumnya jasa pengiriman resmi pasti mengirim dokumen dengan cepat dikarenakan kebutuhan klien terhadap dokumen juga mendesak.

Tips ini juga perlu diperhatikan karena tidak sedikit penyedia jasa terjemahan dokumen berbahasa asing justru bermitra dengan jasa pengiriman yang abal-abal. Jika menemukannya berarti jasa penerjemah juga abal-abal karena potensi dokumen tidak dikirimkan sangat besar.

4. Memilih Penerjemah yang Terdaftar di Kedutaan

Jasa penerjemah yang resmi pasti terdaftar di kedutaan semua negara. Pasalnya dokumen yang diterjemahkan memiliki kaitan dengan tugas dari bidang ini seperti penyaluran tenaga kerja asing, pembuatan visa perjalanan, hingga pengawasan berkas perusahaan manca negara.

Oleh karena itu setiap penerjemah harus mendaftarkan usahanya di kedutaan supaya otoritas bisa ikut mengawasi apakah sudah sesuai dengan prosedur atau tidak. Jika pun tidak sesuai dan keabsahannya dipertanyakan tentu dokumen yang dihasilkan bisa ditolak oleh kedutaan.

Penolakan ini yang bisa membuat klien merasa kecewa apalagi jika bepergian nya ke luar negeri dalam rangka tugas penting dan mendesak. Maka dari itu, pilih penyedia jasa penerjemah resmi yang sudah mengantongi nomor register di kedutaan.

5. Lihat Tim Penerjemah yang Bekerja

Tips mencari jasa penerjemah resmi kelima adalah dengan cara melihat tim penerjemah yang bekerja di perusahaan penerjemahan. Jika mereka dari kalangan ahli atau paling tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai maka bisa dikatakan usaha memang legal.

Sebaliknya jika penyedia jasa tersebut tidak memiliki tim yang bagus maka bisa dipastikan status keabsahannya masih patut dipertanyakan. Karena tidak mungkin otoritas akan memasukkan usaha ke daftar legal jika hasil terjemahan justru mengecewakan klien.

Penyedia jasa yang terbaik adalah penyedia yang memiliki tim penerjemah ber-sertifikat bahasa Inggris dengan grade tinggi. Ini yang bisa mendapatkan SK legalitas dengan cepat karena layanan yang dibangun memang menyenangkan dan disukai klien.

6. Pilih Penyedia Jasa yang Memiliki SK Gubernur

SK Gubernur merupakan SK standar untuk usaha penerjemah tersumpah yang pergerakannya lintas provinsi. Itu artinya jika penyedia beranggapan kalau hasil jasa bisa digunakan secara nasional dan internasional, maka SK ini harus dimiliki terlebih dahulu.

Paling tidak pihak otoritas yang di atasnya bisa melakukan pengawasan dengan mudah tanpa harus turun langsung ke daerah. Toh sudah ada pihak provinsi yang akan melakukan kontrol ketat terhadap penyedia jasa penerjemah.

Memang untuk mendapatkan SK Gubernur agak ruwet belum lagi dengan SK legalitas yang lainnya. Akan tetapi jika memang penyedia jasa penerjemah yang sah tentu keruwetan tersebut tetap dijalani dengan serius dan bersungguh-sungguh.

7. Pilih Penyedia Jasa yang Memiliki Alamat Offline

Tips yang terakhir adalah silakan pilih penyedia jasa yang memiliki alamat offline serta alamat tersebut dicantumkan di situs bisnisnya. Jika ada alamat yang bisa diakses berarti ada kantor yang bisa dikunjungi oleh klien jika suatu saat ada masalah dengan penerjemahan.

Jika ada penerjemah mengaku resmi tetapi hanya mencantumkan alamat situs online bukan alamat kantor, maka status keabsahannya patut dibantah. Bahkan perlu dipertanyakan otoritas yang mana yang telah memberikan izin legalitas terhadap perusahaan jasa tersebut.

Nah, jika Anda ingin mengetahui perusahaan jasa penerjemah resmi yang benar-benar terpercaya silakan mencari-cari referensi sebanyak mumgkin. Tanyakan kepada mereka yang punya pengalaman dalam hal ini.