Tips Untuk Merawat Septic Tank

Setiap rumah tangga pasti memiliki alat pengolahan limbah ini. Ini disebut dan dikenal dengan nama panggilan septic tank. Ada berbagai macam jenis septic tank yang bisa anda beli dan pasang di rumah. Setiap jenis pun memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda beda. Semua ini akan dibahas lebih lanjut dalam artikel satu ini. Semua jenis septic tank pun tidak terlalu murah untuk dibeli. Beberapa diantaranya sangat terjangkau namun memiliki kualitas biasa saja. Dan ada juga septic tank dengan harga mahal dan juga memiliki kualitas lebih tinggi. Meskipun harganya berbeda beda, anda tetap harus bisa merawat septic tank supaya bisa bertahan lama.

Jika tidak pandai merawat septic tank, maka septic tank pun harus terus diganti setelah sekian tahun lamanya. Untuk menghindari ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil oleh anda. Perawatan septic tank wajib dialkukan oleh semua orang. Ini dilakukan maka suatu septic tank pun bisa bertahan hingga beberapa puluh tahun lamanya. Namun jika tidak dirawat, septic tank pun bisa hancur dalam usia satu tahun. Ini adalah beberapa cara untuk merawat septic tank anda hari ini juga.

Macam macam Jenis Septic Tank

1. Septic Tank Bahan Beton

Secara umum, hanya ada dua jenis septic tank yang baik akan dibahas hari ini. Salah satu diantaranya adalah septic tank beton. Jenis septic tank ini sangat berguna dalam waktu jangka panjang. Harganya pun mencerminkan kualitas tinggi. Itulah mengapa banyak rumah tangga tidak memilih untuk mengunakan septic tank bio berbahan beton. Karena harganya tidak cocok sebagai pilihan rumah tangga.

Ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan. Keunggulan tersebut adalah jenis septic tank ini mampu menahan banyak kotoran atau limbah. Sehingga tidak akan ada septic tank yang penuh untuk dibersihkan. Jadi merawat septic tank tidak terlalu perlu diperhatikan untuk septic tank ini.

2. Septic Tank Bahan Fiberglass

Alternatif murah dari septic tank yang baik adalah bahan fiberglass. Ada banyak toko toko yang menawarkan harga septic tank bahan fiberglass yang murah. Biaya pembuatan septic tank yang satu ini berkisar dari 2 juta hingga 6 juta tergantung dengan kapasitas. Jika anda ingin memilih kapasitas besar, maka harga pun akan lebih mahal. Bahan fiberglass ini biasanya digunakan oleh

Cara Merawat Septic Tank:

Melakukan Inspeksi Secara Rutin

Melakukan inspeksi rutin sekali setiap beberapa bulan sangat penting. Dengan melakukan inspeksi, septic tank pun akan memiliki daya tahan yang jauh lebih lama. Beberapa septic tank bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Inspeksi pun tidak mahal dan lebih mending daripada harus menanggung kerugian saat rusak. Beberapa inspeksi yang wajib anda lakukan adalah untuk melihat retakan atau kecacatan di septic tank. Jika ada retakan sedikit saja, ini harus langsung diperbaiki. Memperbaiki sebuah septic tank pasti akan lebih murah dibandingkan harus membayar biaya pembuatan septic tank.

Selain melihat kecacatan, anda juga harus menjaga sistem internal dari septic tank tersebut. Isi dari septic tank sangat kotor dan tidak selalu bisa dirawat dengan baik. Meskipun demikian, anda bisa memanggil jasa sedot WC jika ada kendala apa apa. Biasanya, salah satu faktor kerusakan septic tank adalah karena WC toilet mampet. Ini bisa menjadi berbahaya sehingga anda pun akan membutuhkan pertolongan professional. Salah satu pertolongan professional terbaik adalah dari sedot WC Jakarta Utara. Jika tidak, anda juga bisa membeli alat penyedot WC untuk menghindari kerusakan dalam komponen septic tank.

Memompa Septic Tank

Cara merawat septic tank berikutnya adalah dengan memompa semua limbah dalam septic tank. Secara sederhana, septic tank berfungsi untuk menampung semua kotoran yang dihasilkan oleh manusia. Setiap septic tank pun memiliki batas penampungan atau kapasitasnya masing masing. Kapasitas suatu septic tank bisa dihitung dengan jumlah orang dan ini menjadi ukuran daya tampung septic tank. Semakin banyak orang yang menggunakan kamar mandi, maka semakin banyak juga limbah manusia yang dihasilkan. Inilah mengapa septic tank terisi dan menjadi penuh setelah beberapa minggu. Jika sudah penuh, septic tank tidak akan bisa menampung lagi karena septic tank sudah penuh air.

Solusi septic tank penuh air adalah dengan memompa septic tank tersebut. Jika sudah penuh, limbah yang tertampung harus dialirkan ke tempat lain. Tempat lain tersebut adalah tempat instalasi pengolahan air limbah atau IPAL. Namun sebelum itu, septic tank mengambil peran penting dalam proses pemisahan kotoran. Kotoran dengan sifat cair tersebutlah yang akan dialirkan ke instalasi pengolahan air limbah. Sedangkan kotoran bersifat fisik akan harus di proses dan di pompa. Jika sudah penuh, maka anda pun harus menggunakan truk sedot WC. Setiap septic tank akan memilik indikasi kapasitas yang sudah terisi. Jangan lupa untuk memantau indikator tersebut supaya septic tank tidak menampung secara berlebihan.

Selalu Menutup Septic Tank

Semua septic tank akan mempunyai sebuah lubang besar diatasnya. Lubang ini berfungsi untuk melakukan sedot atau pompa kotoran. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika tidak, maka akan ada banyak masalah yang timbul. Setiap septic tank akan memiliki yang dinamakan bakteri septic tank. Jika dikenakan dengan matahari, maka bakteri pun tidak akan tumbuh dengan efektif. Pertumbuhan bakteri akan langsung berdampak dengan limbah di dalam septic tank. Semakin lambat bakteri berkerja, maka semakin lama juga proses pemisahan limbah cair dan limbah fisik.

Selain untuk kebutuhan bakteri septic tank, menutup lubang pun penting untuk mencegah kecelakaan. Ada banyak kejadian di mana orang jatuh ke dalam septic tank dengan tidak sengaja. Ini sangat berbahaya. Namun kecelakaan seperti ini mudah untuk dihindari dan dicegah.

Menghemat Air

Salah satu faktor yang membuat septic tank cepat rusak adalah penggunaan air berlebihan. Saat anda menggunakan air secara berlebihan, maka septic tank pun harus menampung banyak limbah. Banyak sistem septic tank terganggu dan kemudian gagal akibat penggunaan air secara berlebihan. Biasanya anda tidak akan terus memperhatikan indikasi sebuah septic tank. Maka dengan itu, menggunakan air secukupnya akan mencegah septic tank dari overflowing.

Menghemat air juga mendatangkan banyak keunggulan lainnya. Anda juga bisa menghemat uang dengan menghemat air. Ini juga ada kaitannya dengan septic tank yang digunakan. Jika septic tank rusak atau septic tank penuh, maka anda pun harus mengeluarkan biaya lagi. Dan untuk mengatasi septic tank penuh, anda wajib mencari jasa sedot septic tank untuk mengatasi overflow. Dengan menghemat, anda bisa menghindari banyak biaya tambahan. Ini merupakan salah satu cara merawat septic tank yang masih banyak diketahui oleh orang. Sekian untuk artikel hari ini, semoga and bisa belajar untuk merawat septic tank lebih baik lagi.

Tulisan ini dipublikasikan di Off topic. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *